PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dina Fauziah Universitas Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.414

Kata Kunci:

Keterampilan Berpikir Kreatif, Project-Based Learning (PjBL), Sekolah Dasar, Studi Literatur

Abstrak

Studi ini difokuskan untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan pendekatan Project Based Learning (PjBL) dalam mengembangkan daya pikir kreatif pada anak-anak usia sekolah dasar. Melalui metode kajian pustaka, penelitian ini mengkaji dan menganalisis sepuluh publikasi akademik yang terbit dalam rentang waktu 2021 hingga 2025 secara terstruktur. Hasil sintesis menunjukkan bahwa PjBL secara konsisten dan signifikan efektif dalam meningkatkan berbagai dimensi berpikir kreatif, meliputi kelancaran, keaslian, fleksibilitas, dan elaborasi. Metode penelitian yang bervariasi mulai dari pre-experimental, quasi-experimental, hingga Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolektif mendukung temuan ini. Model Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh yang sangat signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di jenjang sekolah dasar. Temuan ini secara khusus memperkuat teori konstruktivisme, menyoroti bagaimana pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman melalui proyek-proyek nyata memungkinkan siswa membangun pengetahuan dan keterampilan kreatif mereka sendiri. Efektivitas PjBL dijelaskan oleh karakteristiknya yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proyek-proyek otentik, memicu inovasi, dan memfasilitasi kolaborasi. Oleh karena itu, PjBL sangat direkomendasikan sebagai strategi pedagogis yang powerful dan direkomendasikan untuk membina dan mengoptimalkan potensi berpikir kreatif siswa sejak usia dini di sekolah dasar, sekaligus memberikan arahan kebijakan bagi para guru dan sekolah dasar untuk mengintegrasikan PjBL secara lebih luas dalam Pembelajaran.

Referensi

Afrida, R. N. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Literature Review : Peran Guru dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Renny Nur Afida*. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas, 6(1), 643–647. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Anggraeni, A. R., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa dengan Menggunakan Bahan Alam pada Kelas 1 SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3683–3690. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5790

Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.783

Aulia, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.338

Ayu Andraini, M., & Hayun, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas V SD. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(4), 52–59. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i4.6

Bengkulu, U. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Diorama Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Resi Dayana Endang Widi Winarni Neza Agusdianita. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 106–114.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Rahmah, A. (2022). Pemanfaatan Model Project Based Learning sebagai Stimulus Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3887–3895. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2794

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Hermita, N., Ramadhani, E., & Fakhrudin, A. (2023). Efektifitas Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN 137 Palembang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i2.117

Islam, U., Sulthan, N., & Saifuddin, T. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatip Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 069 / VI Talang Tembago jelaskan dalam Kemendikbud bahwa secara global rendahnya keterampilan berpikir kreatif dapat d. 4.

Khauzanah, A. N., & Wardani, K. W. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Berbasis Literasi Digital Dengan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Secang 1. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.79069

Novianti, B. A., Nitiasih, P. K., & Riastini, P. N. (2023). Study Of STEM-Based Learning Against 4C Skills (Critical, Creative, Communication, and Collaboration) In Science. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1917–1921. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1455

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

RAJAGUKGUK, S. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1945

Sajidah, A. P., & Amelia, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4983–4990. https://jurnaldidaktika.org

Supiati, S. E. S., & Sugandi, M. K. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 247–254.

Wulandari, T., Cahyani, A., Enivita, Y., & Marini, A. (2023). Studi Literatur: Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(8), 919–930. https://www.bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/5722/4475

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-29

Cara Mengutip

Fauziah, D. (2025). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 878–893. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.414

Terbitan

Bagian

Artikel