IMPLEMENTASI KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Wiwik Okta Susilawati Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia
  • M. Anggrayni Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia
  • Aura Larasati Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.344

Kata Kunci:

Implementasi P5, Kearifan Lokal, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan dan pelaksanaan kegiatan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 14 Koto Baru. Kegiatan penelitian ini berlangsung dari tanggal 24 April 2025 hingga 24 mei 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, koordinator P5, dan tim pelaksana P5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) telah terlaksana dengan baik, ditandai dengan perencanaan membentuk tim pelaksana projek, identifikasi kesiapan sekolah, menentukan dimensi dan alokasi waktu projek, dan menyusun modul projek. Pelaksanaan P5 juga sudah berjalan dengan lancar dan ditutup dengan gelar karya sebagai puncak acara. Faktor yang mendukung keberhasilan pelaksanaan P5 antara lain kekompakan tim fasilitator serta keterlibatan tokoh masyarakat dan fasilitator dari satuan pendidikan sebelumnya. Namun demikian, masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya, khususnya dalam hal pembagian waktu serta kurangnya pemahaman dari sebagian guru. Implikasi penelitian ini termasuk memberi contoh bagaimana sekolah melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), menjadi acuan bagi sekolah dalam mendukung pelaksanaan projek dengan menyediakan sarana dan prasarana, serta menjadi referensi untuk penelitian yang relevan dimasa mendatang.

Referensi

Agustina, H., Fitri Hindriana, A., Nur, H., Universitas, D., & Abstract, K. (2023). Analisis Implementasi Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Smp Di Jakarta Barat Pada Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2023(23), 303–314.

Anggrayni, M., Okta Susilawati, W., & Nurcahyo, R. (2023). Pengembangan Video Animasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1190

Anggrayni, M., Yulia Friska, S., & Retnawati, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14504–14516.

Fatoni, M., & Khaq, M. (2023). Analisis Muatan Profil Pelajar Pancasila pada Teks Cerita “Suka dan Tidak Suka” pada Buku Pembelajaran Bahasa indonesia kelas IV SD Negeri Babadsari Kebumen. Jurnal CERDAS Proklamator, 11(2), 177–184.

Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal pada Tradisi Makan Bajamba. 13, 243–252.

Latifah Umi, Tri Joko Raharjo, A. Y. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Tema Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 1736.

Lusyanti, D., Susilawati, W. O., & Prananda, G. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SDN 058/II Sari Mulya. Jurnal Dharma PGSD, 1, 9–17.

Prakarsa, A. B., Montessori, M., & Rusdinal. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah. De-Journal (Dharmas Education Journal), 5(2), 747–753.

Pratiwi, N. Q. E., Nugraha, U., & Widowati, A. (2024). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4719–4727. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4283

Rina Andriyeni, dkk. (2024). An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1, Agustus 2024. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4, 69–77.

Rizal, Y. K., & Nur, L. (2024). Implementasi Program P5 dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(20), 227–237.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.

Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & Kustina. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9799–9812.

Susilawati, W. O., Veriyani, F. T. V., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan buku ajar digital PPKn SD terintegrasi profil pelajar Pancasila dalam mendukung kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452

Susilawati, Wiwik Okta., Friska, S. yulia. (2023). Pengembangan E-Module Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Wahyu Nopriandi INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14671–14682.

Susilawati Wiwik Okta, Rusdi Indra Hasibuan, D. A. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di SDN 04 Koto Besar. 09(September), 559–569.

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-10

Cara Mengutip

Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & Larasati, A. (2025). IMPLEMENTASI KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 611–625. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.344

Terbitan

Bagian

Artikel