Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v1i2.29Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Auditory Intelectually RepetitionAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengupayakan peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMAN 9 pinrang melalui model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition. Kriteria peningkatan ditinjau dari menjadi indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Jika 85% dari jumlah siswa memperoleh hasil belajar yang mencapai KKM Matematika yang telah ditetapkan di sekolah yaitu 70,00. 2) Aktivitas siswa lebih meningkat selama mengikuti pembelajaran matematika. 3) Siswa lebih serius memperhatikan penjelasan guru. 4) Siswa mempunyai keberanian untuk menanggapi penjelasan guru. 5) Siswa sudah mampu menyimpulkan materi yang telah diajarkan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan Penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 9 Pinrang yang ditandai dengan: 1) pada siklus I jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM matematika sebanyak 15 siswa yang tuntas (71,4%) dan pada siklus II jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM matematika sebanyak 19 siswa yang tuntas (90,5%), 2) Jumlah siswa yang mencapai KKM matematika pada siklus II ≥ 85% dari jumlah siswa yaitu sebanyak 19 siswa yang tuntas (90,5%), 3) Keaktifan siswa meningkat, dengan adanya keseriusan dan perhatian siswa selama mengikuti proses belajar mengajar yang berlangsung, dan 4) Siswa berani dalam mengeluarkan pendapat, dengan semakin hari semakin banyak siswa yang berani untuk menanggapi penjelasan guru.
Referensi
Arif, M. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Siswa Kelas II SLTP Negeri 25 Makassar. Proposal: FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Depdiknas. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB, SLB Tingkat Dasar, dan MI. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Matematika SLTP. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Erman. 2007. “Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa”.http://educare.efkipunla.net/index.php?option=com_content&task=view&id=60&Itemid=1
Given, Barbara. 2007. Brain-Based Teaching. Bandung: Kaifa.
Meier, D. 2002. The accelerated learning hnd book panduan kreatif dan efektif merancang progrm pendidikan dan penelitian. Bandung: Kaifa.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia.
Heri Sutarno. 2011. Penerapan Strategi Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika (dalam portal jurnal universitas pendidikan Indonesia volume 4 ),
Rahmat. 1996. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Risnawati. 2008.Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru:Suska Press.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sudarni. 2008. ”Pengajaran Sastra Tidak Menggairahkan”. http://www.pusatbahasa.diknas.go.id/laman/artikel/Sudarni-Bangka_Barat.pdf
Sumarni. 2001. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas I SLTP Kartika VII-7 Makassar Melalaui Pemberian Bimbingan Ekstra. Skripsi: FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana.1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajara. Jakarta: Rafika Aditama
Suherman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Sumarni. 2001. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas I SLTP Kartika VII-7 Makassar Melalaui Pemberian Bimbingan Ekstra. Skripsi: FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learninng: Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto. S. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tiel, J. M. 2009. Gaya berpikir. [online]. Tersedia:http://gifteddisinkroni. blogspot.com/2009/03/gaya-berpikir. Diakses, juli 24 2017.
Wahyuni, A. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SLTP Negeri 14 Makassar Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi: FMIPA Universitas Negeri Makassar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 M. Arsyad Ambo Tuo, Andi Kamal Ahmad

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.