Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.1Kata Kunci:
Hasil Belajar PKN, Teams Games TournamentAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar PKn yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IVa UPT SDN 24 Pinrang, mengetahui hasil belajar PKn yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), beserta mengetahui perbedaan hasil belajar PKn yang diajarkan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua kihlus, yakni siklus I dan siklus II untuk setiap siklusnya mengikuti langkah-langkah empat tahapan yang lazim digunakan dimulai dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek studi ini adalah guru dan siswa kelas IVa sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 1) data Hasil belajar, dan 2) proses belajar. Hasil penelitian ini adalah skor rata-rata hasil belajar PKn siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 70,92% menjadi 79,57% pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 60% menjadi 85% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai. Berdasarkan hasil tersebut, studi ini disimpulkan bahwa hasil belajar PKn dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Kelas IVa UPT SDN 24 Pinrang Kabupaten Pinrang.
Referensi
Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.
Depdiknas 2007 tentang Kajian Kebijakan Kurikulum PKn
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.
Kurinasih, Imas. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya pasal 19
Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
Rifa’i, Achmad. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendiidkan Kewarganegaran SD. Jakarta: PJJ PGSD S1
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Frenada Media
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learninng: Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto. S. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ahmed Sardi, Andi Kamal Ahmad, Faridah Abdul Rauf

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.