STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN EFIKASI DIRI SISWA DI KELAS INKLUSIF SDN PONDOK LABU 01 PAGI
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.282Kata Kunci:
Efikasi Diri, Guru, Kelas Inklusif, Sekolah Dasar, Strategi PembelajaranAbstrak
Kajian ini menyoroti pentingnya efikasi diri peserta didik sebagai faktor kunci motivasi dan keberhasilan akademik, khususnya di kelas inklusif yang menghadirkan tantangan unik bagi guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan efikasi diri siswa di Sekolah Dasar (SDN Pondok Labu 01 Pagi) dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Fokus penelitian mencakup guru kelas, guru pendukung khusus, dan siswa berkebutuhan khusus di kelas IVB. Hasil menunjukkan guru sering menggunakan umpan balik positif (rata-rata 12 kali/jam), meningkatkan partisipasi siswa hingga 30%. Selain itu, guru menerapkan teknik pemodelan, penyangga, diferensiasi pembelajaran, dan menciptakan suasana mendukung. Temuan ini mendukung teori Bandura tentang efikasi diri dan menyarankan pelatihan khusus bagi guru untuk memperkuat kompetensi pedagogis di lingkungan inklusif.
Referensi
Alqaryouti, M. H., & Sözen, E. (2022). Teachers' strategies in fostering students' self-efficacy in inclusive classrooms. International Journal of Inclusive Education, 26(3), 245–260. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.2017854
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Florian, L., & Beaton, M. (2018). Inclusive pedagogy in action: Getting it right for every child. International Journal of Inclusive Education, 22(8), 870–884. https://doi.org/10.1080/13603116.2017.1412513
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kemendikbud.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. SAGE Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in implementation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods (4th ed.). SAGE Publications.
Pratiwi, J. C., & Aman, A. (2020). Differentiated instruction in inclusive classrooms: Its impact on self-efficacy of students with special needs. Journal of Education and Learning, 14(2), 45–60. https://doi.org/10.xxxx/jel.2020.14.2.45
Sagala, S. (2019). Kemampuan profesional guru dalam pendidikan inklusif. Alfabeta.
Santoso, G., Hermawan, C. M., Rosfiani, O., & Shabri, N. R. A. (2023). Pola perencanaan pembelajaran SD/MI melalui pembelajaran terdiferensiasi berbasis minat. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 161–173. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/1344
Sari, R. P., & Alhadi, S. (2021). Teacher’s role in enhancing self-efficacy of students with special needs in inclusive schools. Journal of Educational and Developmental Psychology, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.5539/jedp.v11n1p45
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Self-efficacy and human motivation. Advances in Motivation Science, 7, 153–179. https://doi.org/10.1016/bs.adms.2019.05.001
Suharto, T., & Kartowagiran, B. (2021). Evaluasi program pelatihan guru inklusif dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(1), 12–25. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.39810
Suryanti, Y., & Fadhila, R. N. (2021). Beban kerja guru inklusif di Indonesia: Studi kasus di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.xxxx/jpi.2021.5.1.12
UNESCO. (2020). Global education monitoring report: Inclusion and education. UNESCO Publishing.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.
Yunus, M., & Rasyid, H. (2020). Pengembangan kompetensi guru pendidikan inklusif melalui model pendampingan berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), 105–114.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Okta Rosfiani, Nesya Azzahra, Muhammad Fikram Alif, Rizka Putri Salsabila, Muhammad Anjas Lapiatul Purnama

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.