PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MEDIA INTERAKTIF DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Penulis

  • Putri Aulia Maharani Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Nevi Imelda Prastika Sari Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Widya Yasfi Nabila Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Andika Adinanda Siswoyo Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.200

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan Kelas, Group Investigation, Media Interaktif, Literasi Sains

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V di UPTD SDN Mrecah 2 Bangkalan dalam mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), dengan fokus pada muatan IPA. Latar belakang penelitian adalah rendahnya tingkat literasi sains siswa, yang ditandai oleh pemahaman konsep yang terbatas dan kurangnya keterampilan berpikir kritis, akibat dari penggunaan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dan media yang kurang mendukung. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart dalam dua siklus. Pada Siklus I diterapkan model Group Investigation (GI) dengan bantuan media PowerPoint interaktif, namun hasil kognitif siswa belum optimal. Perbaikan dilakukan pada Siklus II dengan mengganti media menjadi pop-up book, yang mampu meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 33% pada Siklus I menjadi 60% pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pembelajaran kooperatif dan media interaktif yang menarik efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar.

Referensi

Permatasari, A., Dwi, A., Cahyani, R., Syihab, H. T., Rohmawati, L., & Sulistina, O. (2024). REVIEW: STEM APPROACH IN DEVELOPING SCIENCE LITERACY SKILLS. In UNESA Journal of Chemical Education (Vol. 13, Issue 3).

Aprianty, D., & Ketang Wiyono, S. (2021). Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Volume. 30(1), 1–13.

Aminarti, F., Ayumi, A., & Siregar, D. S. (2024). Studi Pustaka Tentang Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Bayu Kelana, J. (2021). Creative of Learning Students Elementary Education PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD PADA MATERI PERAMBATAN BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. Journal of Elementary Education, 04, 3.

Sutika, N. K. S. D., Agung, A. A. G., & Agustika, G. N. S. (2024). Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 218–227. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.78743

Diana, O., Putri, N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 2). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). ANALISIS RENDAHNYA LITERASI SAINS PESERTA DIDIK INDONESIA: HASIL PISA DAN FAKTOR PENYEBAB. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Hi Rahman, M., Latif, S., & Saban, M. M. (2022). IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI MAN 2 HALMAHERA UTARA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 259. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i2.5660

Sripangjaya, K. A., & Wibawa, I. M. C. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 134–143. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40188

Rivaldo, M. I. A., Warsono, W., & Cahyadin, A. (2023). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 3 CIAMIS. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 103. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10268

Vani Noviyanti, K., Made Alit Mariana, I., Ayu Dewi Setiawati, G., & Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, U. I. (2024). Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Lingkungan Sekitar terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri Tulangampiang Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 58–68. https://doi.org/10.55115/edukasi.v5i1.34

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-10

Cara Mengutip

Maharani, P. A., Prastika Sari, N. I., Nabila, W. Y., & Siswoyo, A. A. (2025). PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MEDIA INTERAKTIF DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 598–610. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.200

Terbitan

Bagian

Artikel