PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI MITIGASI BENCANA TSUNAMI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO

Penulis

  • Hasan Abdul Bar Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Agus Wiyono Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.195

Kata Kunci:

ADDIE, Video Animasi, R&D, Tsunami

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa Teknik Elektro terhadap mitigasi bencana tsunami melalui pengembangan media edukatif berupa video animasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kesadaran masyarakat terhadap mitigasi bencana serta penggunaan media pembelajaran yang monoton dan kurang menarik, seperti buku teks dan presentasi PowerPoint. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa video animasi berdurasi 4 menit berformat .MP4 dengan tampilan landscape, yang memuat data bencana, testimoni korban, langkah mitigasi, dan demonstrasi inovasi alat pelindung diri berbentuk balon kapsul futuristik. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga validator ahli dengan hasil validasi sebesar 83,7%, sedangkan uji kepraktisan melibatkan 50 mahasiswa dan memperoleh skor 86,4%. Selain itu, 90% mahasiswa menyatakan sangat setuju bahwa media ini mampu meningkatkan kesadaran terhadap mitigasi bencana. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran mitigasi bencana tsunami. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam penyediaan media edukatif inovatif dan menjadi dasar bagi pengembangan media sejenis dengan cakupan dan teknologi yang lebih luas di masa mendatang.

Referensi

Ahmadun, F. R., Wong, M. M. R., & Mat Said, A. (2020). Consequences of the 2004 Indian Ocean Tsunami in Malaysia. Safety Science, 121(May 2019), 619–631. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2019.05.016

Astuti, M. W., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2024). Media Video Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 239–247. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.6183

BNPB. (2024). Buku Data Bencana Indonesia 2023 (Vol. 3). In Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Cholik, M., & Umaroh, S. T. (2023). Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 704–709. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4121

Kotimah, E. K. (2024). Meningkatkan Pendidikan Sains Menjelajahi Dampak Video Animasi Powtoon dalam Instruksi IPA. 1, 5–12.

Maulana, A. T., & Andriansyah, A. (2024). Mitigasi Bencana di Indonesia. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3996–4012. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1213

Nirmala, N., Sumbarwati, M. S., & Sitompul, N. C. (2024). Developing an animation video for earthquake mitigation education for elementary school students. Inovasi Kurikulum, 21(1), 303–322. https://ojs.staira.ac.id/index.php/raudah

Oktaria, R., Windah, A., Nurhaida, I., Putra, P., & Haerudin, N. (2023). Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Literasi Informasi untuk Meningkatkan Disaster Self Awareness AUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2109–2122. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3430

Omira, R., Ramalho, R. S., Kim, J., González, P. J., Kadri, U., Miranda, J. M., Carrilho, F., & Baptista, M. A. (2022). Global Tonga tsunami explained by a fast-moving atmospheric source. Nature, 609(7928), 734–740. https://doi.org/10.1038/s41586-022-04926-4

Paramita, N. (2017). Kerjasama Antara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan World Meteorological Organization (WMO) Kaitannya dalam Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Indonesia (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., Putu, L., & Mahadewi, P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. 5(1), 60–68.

Pribudianto, A. R., Maryani Enok, & Darsiharjo. (2023). Analysis of Students’ Preparedness in Public and Private High Schools Students For Landslide Disaster Risk in Maja District. Jurnal Geografi Gea, 23(1), 50–59. https://ejournal.upi.edu/index.php/gea

Rahmawati, R., Yandari, I. A. V., Sukirwan, S., & Pamungkas, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 337–350. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2259

Sari, N., Dayurni, P., & Nur, M. (2023). Pengembangan Edu-Game dalam Meningkatkan Kesadaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 555–567. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.352

Suarmika, P. E., Putu Arnyana, I. B., Suastra, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Reconstruction of disaster education: The role of indigenous disaster mitigation for learning in Indonesian elementary schools. International Journal of Disaster Risk Reduction, 72(February), 102874. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.102874

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suharini, E., Kurniawan, E., & Ichsan, I. Z. (2020). Disaster Mitigation Education in the COVID-19 Pandemic: A Case Study in Indonesia. Sustainability (United States), 13(6), 292–298. https://doi.org/10.1089/sus.2020.0053

Sultan, D., & Ramadhan, M. F. (2024). Peran Kebijakan Pemerintah Dalam Mengelola Sumber Daya Laut Indonesia. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i1.31635

Susanto, F. D., Damariswara, R., & Permana, E. P. (2023). Pengembangan Media Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Menggali Pengetahuan Baru Dari Teks Nonfiksi Siswa Kelas IV SDN Mangundikaran 2. Journal on Education, 5(2), 2888–2894. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.937

Syamsidik, Benazir, Luthfi, M., Suppasri, A., & Comfort, L. K. (2020). The 22 December 2018 Mount Anak Krakatau volcanogenic tsunami on Sunda Strait coasts, Indonesia: Tsunami and damage characteristics. Natural Hazards and Earth System Sciences, 20(2), 549–565. https://doi.org/10.5194/nhess-20-549-2020

Triyono, R., Prasetya, T., Daryono, A. S., Sudrajat, A., & Setiyono, U. (2019). Katalog Tsunami Indonesia Tahun 416-2018. Jakarta: BMKG. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1213

Widiyoko, Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zahra, N. A., Fiansya, T. S., Zakia, A., Zalni, M. I. K., Dinda, A., Pramud, A., Julianti, D. C., Natalis, M. T., & Jakarta, U. S. (2025). Upaya Mitigasi Resiko Bencana Tsunami Kota Banda Aceh. 7(1), 227–238.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-15

Cara Mengutip

Abdul Bar, H., Zuhrie, M. S., Wiyono, A., & Achmad, F. (2025). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI MITIGASI BENCANA TSUNAMI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 201–213. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.195

Terbitan

Bagian

Artikel