PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN “MATCH MAGIC TRIK BILANGAN PECAHAN”

Penulis

  • Mufida Mufida Universitas Trunojoyo Madura
  • Dya Qurrata A’yun Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdul Razzaq STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.65

Kata Kunci:

Match Magic Trik, Persepsi Guru, Video Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru sekolah dasar terhadap video pembelajaran match magic trik bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan meliputi angket dan lembar wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru sekolah dasar yang telah menonton video pembelajaran match magic trik bilangan pecahan. Berdasarkan hasil pengisian angket dan wawancara dapat diketahui bahwa video pembelajaran match magic trik bilangan pecahan merupakan salah satu dari inovasi media pembelajaran era digital yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Video pembelajaran tersebut mudah diakses kapanpun dan dimanapun karena disajikan melalui link youtube. Penyampaian materi dalam video pembelajaran yang berupa trik cepat dalam mengerjakan operasi hitung bilangan pecahan dirasa mudah dipahami dan lebih efektif dibandingkan cara penyelesaian operasi hitung bilangan pecahan pada umumnya. Di samping kelebihannya, terdapat pula kekurangan pada video pembelajaran tersebut yakni tidak disertai soal latihan di akhir video, trik cepat hanya dicontohkan pada angka satuan, kemudian karena video disajikan dalam bentuk link youtube maka aksesnya bergantung pada koneksi internet, jika tidak mempunyai kuota internet maka video tidak dapat diakses.

Biografi Penulis

Mufida Mufida, Universitas Trunojoyo Madura

 

 

Dya Qurrata A’yun, Universitas Trunojoyo Madura

 

 

Abdul Razzaq, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Referensi

Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1193-1202.

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28-34.

Ariyanti, I. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 53-57.

Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran: Upaya Untuk Beradaptasi Dengan Tantangan Era Digital dan Revolusi Industri 4.0. Unri Conference Series: Community Engagement 1, 449-455.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Nusantara.

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75-83

Jumrah, J. (2017). Peningkatan pemahaman konsep geometri melalui metode demonstrasi siswa kelas V SDN 186 Lembang. Histogram, 1(1), 12-26.

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Khusna, M., & Citrawati, T. (2023). Studi Pendahuluan Identifikasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Siswa di Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 11-6.

Lestari, F. M., & Bahrozi, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Youtube Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 di Masa Pandemi Covid-19. PEDIR: Journal of Elementary Education, 1(1), 11-22.

Pratiwi, D. E., & Mawardi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (2), 288-294.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Rahmayani, S., Jumrah, J., Ahmad, A. K., & Sulaiman, A. Z. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1259-1265.

Rosyita, M., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Peluang Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP/Mts. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3136-3147.

Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.

Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.

Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A CHAPTER REVIEW: SELECTING LANGUAGE FOR MATERIALS WRITING:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.

Suttrisno, Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-25

Cara Mengutip

Mufida, M., Qurrata A’yun, D., & Razzaq, A. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN “MATCH MAGIC TRIK BILANGAN PECAHAN”. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 51–58. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.65

Terbitan

Bagian

Artikel