Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.14

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Pembelajaran Realistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Pinrang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang akan dilaksanakan pada beberapa siklus. Tindakan yang akan dilakukan adalah penerapan model berbasis masalah dengan pendekatan matematika realistik dengan tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat disimpulkan sebagai berikut: a) Meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I sebesar 72,5% menjadi 81,63 pada siklus II dengan rata-rata peningkatan sebesar 8,13%. b) Meninkatnya rata-rata persentase pengkategorian hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I dengan kategori tinggi nenjadi kategori sangat tinggi pada siklus II, dan c) Meningkatnya rata-rata Persentase ketuntasan belajar siswa yang ditandai dengan jumlah siswa kategori tuntas yaitu pada siklus I sebanyak 20 siswa atau 62,5% menjadi 28 siswa atau 78,5% pada siklus II dari 32 jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pinrang dengan materi Aritmetika Sosial. Jadi ketuntasan secara klasikal telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistik.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-16

Cara Mengutip

Razzaq, A., & Nurnaifah, I. I. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 24–38. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.14

Terbitan

Bagian

Artikel