PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Helpi Sri Rezeki Zebua Universitas Nias
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.456

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pair Check, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Pair Check dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 44,11 dan kelas kontrol 43,07, sedangkan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen meningkat menjadi 81,75 dan kelas kontrol 62,68. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dengan uji t independen menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 serta thitung = 5,9915 > ttabel = 1,673, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pair Check berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Referensi

Abraham, I. & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Ekperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476-2482.

http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME di akses 2 Januari 2025

Ahdar, Dr. (2021). Ilmu Pendidikan. Editor: Dr. Musyarif, S.Ag., M.A. (Eds.). IAIN Parepare Nusantara Press.

Amaliyah, Nurrohmatul. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Aris Shoimin, 2016. 68 Model Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013,Yogyakarta : Pustaka Belajar dan Pembelajaran.

Darman, R. A. (2020). Belajar dan pembelajaran. Guepedia.

Djamaluddin et al. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Cv. Kaaffah Learning Center

Fahrurrozi & Hamdi. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.

Fauhah, H. & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321-334.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Febianingrum, R, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran Pair Chek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Hasanah Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Herman., Rahim, R. A. & Syamsuri, S. A. (2021). Analisis Instrumen Tes Hasil Belajar Bebasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jrip: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(30), 88-101.

https://etdci.org/journal/jrip/article/view/65

Jihad, A., dkk. (2022). Pemeriksaan Pasangan dan Representasi Matematika. Deepl: Jurnal analisis, 8(1), 57-66. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Lestari & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Perdana Publishing.

Lusianisita, R. & Rahaju, B. E. (2020). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. JPPMS:Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains,4(2), 93-102.

http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Novianti, D. & Sulistiani, R. I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair and Check dalam Pembelajaran Matematika. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1-13.

https://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/8683

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta. Mercu Busana.

Nusantarawati, Y. O., Fajrie, N. & Santoso, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Cabi (pecahan pada ubin) dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Donorojo. Collase: Journal of Elementary Education, 06(02), 362-371. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/12978

Prayekti, N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Litrus: Malang.

Rahim, A., dkk. (2023). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing. Eureka Media Aksara: Purbalingga.

Rohman., Syaifudin., & Nike, A. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165-173.

https://doi.org/10.32502/jp2m.v5i2.4333 Diakses pada 15 Januari 2025

Rosada, A., Luthfiana, M. & Yanto, Y (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Pada Soal Cerita Kelas Viii Smp Ar-Risalah. Journal: of Mathematics Science and Education, 5(2), 112-119. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i2.2555 di akses 2 Januari 2025

Sahir, H. S. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Savriliana, V., Sundari, K. & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education, 4(4), 1160-1166. https://jbasic.org/index.php/basicedu di akses 5 Januari 2025

Simeru, A., dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran. Lakeisha: Klaten.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.

Wachidah, R. L., dkk. (2021). Implementasi Penggunaan Tes Essay dalam Evaluasi Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tlanakan. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 16-27.

http://ejournal.iainmadura.ac.id/ghancaran di akses 8 Januari 2025

Wahab, G., Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Adab: Indramayu.

Waizah, N. & Herwani. (2021). Penilaian Pengetahuan Tertulis dalam Kurikulum 2013. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 207-228.

https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.54 di akses 8 Januari 2025

Wirda, Y., dkk. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-17

Cara Mengutip

Zebua, H. S. R., Netti Kariani Mendrofa, Sadiana Lase, & Ratna Natalia Mendrofa. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 5(1), 114–124. https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.456

Terbitan

Bagian

Artikel