PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Joice Erna Lase Universitas Nias
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias
  • Sadiana Lase Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.455

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Quizizz, Student Team Achievement Division

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dari hasil observasi di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, yaitu (1) rendahnya pencapaian belajar matematika siswa, (2) guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional, dan (3) minimnya pemanfaatan media pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X. Penelitian menggunakan desain quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group, melibatkan kelas eksperimen (36 siswa) dan kelas kontrol (35 siswa). Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t independen pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 40,30 menjadi 79,82, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 36,30 menjadi 66,87. Persentase ketuntasan belajar di kelas eksperimen juga meningkat dari 0% menjadi 88,9%, dan skor kuis harian menunjukkan peningkatan pemahaman materi secara bertahapBerdasarkan hasil uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Quizizz berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 3 Gunungsitoli.

Referensi

Aprilia, A., Azmi, S., Tyaningsih, R., Sridana, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Di SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 283-295. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/20348

Arsyad M., dan Fahira E. F. (2023). Model-model pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Bojongsari : Eureka media aksara.

Budiman A. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Pengaruhnya Bagi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Efikasi Diri. CV. Pena Persada.

Depari S., et. al. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1106-1112. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8461

Hikmawati F. (2020). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo

Irianto, S. dan Fitriana, A. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengumpulan Data Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SD Negeri 1 Punggelan. Prosiding Koferensi Ilmiah Dasar, 5(6), 273-278. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Lestari dan Yudhanegara. (2017). Peneltian Pendidikan Matematika. Bandung : Perdana Publishing.

Lindasari, L., Ardhina, Y. (2022) Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Quiziz Terhadap Pencapaian Akurasi Belajar Matematika. Jurnal Muara Pendidikan. 7(1), 19-25. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.757

Musyawir, Ansori S., Irani U., Delimayanti M. K., Surwuy G. S., Ismail, Hidayah S.N., Sihotang C., Massang B., Puspitasari T., Magfirah I., Agung S., Elvianast M. (2022). Model-Model Pembelajaran Inovatif. PT. Mifandi Mandiri Digital

Nopriyansyah U., dan Ismanuar D., (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 11(1), 2-15. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/

Oktiana I., Sapti M., Nungraheni P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JCRD: Journal of Citizen Research and Development. 1(2), 582-593. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2439

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 16 Mei 2005. Jakarta.

Rahayu, R. et. al. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. 6 (4). 6313 – 6319, https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rajagukguk M., (2020). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pbsi-Iii Tahun 2020. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41219/

Sirait H. R., Karo I. R., Ginting S. S., (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika.5(1). https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan

Suardiana, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research. 5(3), 381-386. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Suryanti, dan Taufik A., (2022). Implementasi Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Matematika. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 32-42. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS

Suryanti, dan Taufik A., (2022). Implementasi Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Matematika. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 32-42. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Widana, I., Safitri, N., Wijaya, P. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XIB. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK. 4(2), 22-32 https://rayyanjurnal.com/index.php/jcrd/article/view/3739

Yohanes B. (2020). Matematika Sekolah. Elmatera

Yolanda S., dan Meilana S. F., (2021) Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 7(3), 915-921. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1286

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-17

Cara Mengutip

Lase, J. E., Netti Kariani Mendrofa, Sadiana Lase, & Yakin Niat Telaumbanua. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 5(1), 104–113. https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.455

Terbitan

Bagian

Artikel