Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Penulis

  • Jumrah Jumrah STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang
  • Sri Anggriani STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang
  • St. Hardiyanti STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.25

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Self Confidence

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa MTs DDI Pekkabata kabupaten Pinrang.  Self confidence merupakan sikap percaya dan menyadari kemampuan diri sendiri sehingga dapat dimanfaatkan dengan tepat. Hasil belajar adalah kemampuan/perluasan informasi/perubahan perilaku yang dimiliki siswa setelah menyelesaikan pembelajaran yang ditentukan melalui tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex post facto. Pada penelitian ini subjek tidak mendapat perlakuan dari peneliti karena peneliti hanya menguji teori dari para ahli tentang pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data digunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence dan Hasil belajar matematika siswa. Sumbangan pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 40 % sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Biografi Penulis

Jumrah Jumrah, STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Jumrah, J., Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89–95. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.25

Terbitan

Bagian

Artikel