PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Nur Atikah STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang
  • Jumrah Jumrah STKIP DDI Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.127

Kata Kunci:

Hasil Belajar Matematika, Minat Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika VIII SMP Negeri 3 Patampanua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Patampanua sebanyak 42 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 sebanyak 42 siswa, dengan  menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), kuesioner (angket) dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk mengungkap variabel pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel minat belajar terhadap hasil belajar matematika SMP Negeri 3 Patampanua terdapat pengaruh yang positif. Hal ini ditunjukkan melalui hasil dari  atau  4,08. Karena nilai  lebih besar dari pada Maka hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis a ( ) atau hipotesis alternatif diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Patampanua sifatnya positif dan signifikan. Jadi, hipotesis awal benar yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Patampanua.

Referensi

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.

Arikunto, Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Hidayat, T., Matematika, P., & Math, F. (2023). Fun math bagi siswa sekolah dasar di mim gawang. 2, 27–30.

Husnah, A. U., Hidayat, M. A., & Jannah, M. (2021). The Journey of A Math: As a Mathematics Learning Innovation. Indonesian Journal of Multidiciplinary Research, 1(1), 129–136. https://doi.org/10.17509/ijomr.v1i1.33814

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 451–457.

Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.25

Jumrah, J. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 186 LEMBANG. Histogram, 1(1), 12–26.

Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515–525. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.360

Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.

Muhtarom, Adrillian, H., H, A. B. H. M. ., & Marfianto. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Volume, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.36526/tr.v

Rahmayani, S., Jumrah, J., Ahmad, A. K., & Sulaiman, A. Z. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1259-1265.

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahir, N., & Jumrah, J. (2023). PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI PASANG. AIJES, 2(1), 68–82.

Wilda, S., & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134–160.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100–113. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.127

Terbitan

Bagian

Artikel