MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG MENGGUNAKAN MODEL GAME BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.466Kata Kunci:
Game Based Learning, Matematika, Pemahaman Konsep Peluang, Penelitian Tindakan Kelas, SMKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peluang pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Ende melalui penerapan model pembelajaran Game Based Learning (GBL). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi peluang dan kurangnya minat belajar matematika akibat metode pembelajaran yang monoton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XI 3 MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis). Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Permainan yang digunakan dalam GBL meliputi dadu, sticky notes, dan bola untuk memvisualisasikan konsep peluang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal, hanya 6,25% siswa (2 orang) yang mencapai ketuntasan (KKM ≥73). Setelah siklus 1, ketuntasan meningkat menjadi 46,87% (15 siswa), dan pada siklus 2 mencapai 84,37% (27 siswa). Aktivitas siswa juga meningkat dari 57,69% (siklus 1) menjadi 88,46% (siklus 2).
Kesimpulan penelitian ini adalah model Game Based Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peluang, motivasi belajar, dan partisipasi aktif siswa. Saran bagi guru adalah menerapkan GBL sebagai alternatif pembelajaran inovatif, sementara sekolah disarankan menyediakan fasilitas pendukung. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih menarik dan efektif.
Referensi
Asmawati, A., Syamsinar, S., & Palimari, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 62-70.
Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.
Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.
Ichiana, N. N., Razzaq, A., & Ahmad, A. K. (2023). Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika dalam Capaian Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1162-1173.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Pengaruh self-confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89-95.
Jumrah, J. (2025). Exploring Numeracy Games as an Ice-Breaking Strategy: Impact on Mathematics Learning Achievements. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 813-826.
Kairuddin, K., Samosir, M. I., Sitorus, G. E., Sihotang, H. M. W., & Tanjung, J. Y. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Papan Peluang, Dadu, Dan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Di Sma Swasta Pab 8 Saentis Percut. Mandalika Mathematics And Educations Journal, 6(2), 585–594. Https://Doi.Org/10.29303/Jm.V6i2.7821
Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi, B., & Sripatmi, S. (2023). Pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 36-50.
Maghfiroh, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Peluang Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 4(1), 44–54. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V4i1.2798
Manalu, J., Kembaren, S. N. B., Hutagalung, C. F., Sinurat, R., & Kairuddin, K. (2025). Penerapan Trayek Pembelajaran, Media Pembelajaran Menggunakan Papan Peluang, Dadu, Dan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Rme Di Sma Negeri 12 Medan. Nusra : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 60–69. Https://Doi.Org/10.55681/Nusra.V6i1.3343
Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.
Redy Winatha, K., & Made Dedy Setiawan, I. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar The Effect Of Game-Based Learning Towards The Learning Motivation And Achievement. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P198-206
Rohadatul Aisy, F., Eka Fitriyani, D., Riskiyawani Ningrum, R., & Zuliana, E. (2024). Pembelajaran Matematika Realistik Terkait Peluang Berkonteks Permainan Ular Tangga. Mathematic Education Journal) Mathedu, 7(1), 20–27. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V7i1.5712
Sarumaha, Y. A., Pratama, R., Saputri, W. O. D., & Hofifah, R. T. (2024). Penggunaan Alat Peraga Papan Peluang Matematika Pada Materi Peluang Kelas Vii Smp. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 142–151. Https://Doi.Org/10.35457/Konstruk.V16i1.3437
Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Patrisius Jima Banggo, Hilaria Melania Mbagho, Maria G. D. Bantas

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















