PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.453Kata Kunci:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran, STEMAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli ditemukan masalah yaitu (a) Kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, dan (b) Model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh, yaitu siswa kelas VII-A yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B yang berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berbentuk essay test kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis satu pihak, diperoleh nilai thitung = 5,373 dan nilai ttabel = 1,675. Karena thitung > ttabel atau 5,373 > 1,675maka tolak Ho terima Ha, yang berarti “Ada pengaruh model pembelajaran STEM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa”.
Referensi
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127
Ahdar.(2021). Ilmu Pendidikan. Iain Parepare Nusantara Press.
Aini, M., & Aini, M. (2024). Inovasi Pembelajaran: Stem-Ilc3 Untuk Mengasah Keterampilan 4c Pada Mahasiswa. Penerbit Tahta Media.
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widia Puspita.
Asri, Y. N., Mursyidah, D. S., & Rizqi, V. (2024). Science Technology Engineering Mathematics (Stem) Konsep Dasar & Praktik Dalam Pembelajaran.
Damayanti, M., Ramdhan, B., & Setiono, S. (2024). Implementasi model pembelajaran STEM terhadap kreativitas melalui projek ecoprint. Jurnal Educatio Fkip Unma, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.6150
Damayanti, R. R., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Quick on the Draw. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 54 – 61 https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8352
Dewi, N. R.., & Ardiansyah, A. S. (2022). Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika. Penerbit Lakeisha.
Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring Dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 47-56. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/download/1070/333
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran konvensional dan kritis kreatif dalam perspektif pendidikan islam. Hikmah, 18(1), 64-80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., & Nurlaela, L. (2020). STEM: Innovation in vocational learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33-42.https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832
Fauziah, A., & Wijayanti, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran STEM Berbantuan E-Modul Terhadap Pemecahan Masalah.
Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal pajar (Pendidikan dan pengajaran), 6(3), 767-782. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hakim, R. N. (2021). Analisis tingkat kecemasan matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 809-816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p809-816
Handayani, F. (2020). Membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui literasi digital berbasis STEM pada masa pandemik covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69-72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Handayani, S., Rachmawati, D., SE, M. P., & Wahyono, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran Berbasis STEM. Malang: Edulitera.
Harahap, M. S., Nasution, F. H., & Nasution, N. F. (2021). Efektivitas pendekatan pembelajaran science technology engineering art mathematic (STEAM) terhadap kemampuan komunikasi matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1053-1062. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3633
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ..& Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38-58. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/download/26603/13495
Jailani, J. (2023). Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran STEM untuk Mendukung Kemampuan Communication, Problem solving Matematis dan Self-Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 425-435. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/6148
Khalisha, N.,& Mahmudah, U.(2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (science, technology, engineering, and mathematics) Pada Keterampilan Abad 21. In Santika : Seminar Nasional Tadris Matematika. 2(417-431) https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1159
La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/522
Linda, L (2023). Pengaruh model pembelajaran STEM (science, technology, engineering and mathematics) menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Lestari, E. L., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT.Refika Aditama
Mardatillah, B. L. R., & Kristayulita, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 472 - 482. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1564
Ramadhani, R., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Stem Berbantu Video Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V Sd Negeri Sidoluhur 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5067-5080. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9771
Riyanto, R., Fauzi, R., Syah, I. M. A., & Muslim, U. B. (2021). Model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan Widina Bhakti Persada, Bandung.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022, April). Persepsi Calon Guru Matematika Terhadap Model Pembelajaran Stem. In Seminar Nasional & Workshop. Pendidikan Profesi Guru, Universitas Pancasakti Tegal. (Pp. 63-74). https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/ppg/article/download/9/26
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Samsudin, M. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar. Eduprof, 2(2), 376678.
Septina Putri, Messy,. Ramadhanti, Dina., & Rusli, Sri Mulyani. (2024).Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 25(1),64-73. http://dx.doi.org/10.24036/komposisi.v25i1.127975
Setiawan, N. C. E., Sutrisno, S., Munzil, M., & Danar, D. (2020). Pengenalan stem (science, technology, engineering, and mathematics) dan pengembangan rancangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem sks di kota madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 56-64. https://journal-center.litpam.com/index.php/linov/article/download/465/248
Sholihin, K. F., Latifah, R., Kiranasari, S. P., & Nu’man, M. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Terintegrasi dengan Kebudayaan. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 66-79. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i2.328
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suryani, K. (2022). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi STEM (Science Technology Engineering and Math). CV. Global Aksara Pers
Tureni, D., Febriawan, A., Fardha, R., & Buntu, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STEM di Era Revolusi Indusdtri 4.0 Terhadap Kemampuan Berfikir Kristis Siswa SMAN 5 Palu. Jurnal Kreatif Online, 9(3),66-72. https://doi.org/10.22487/jko.v9i3.1245
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.
Wahab, G. & Rosnawati. (2021) Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. (CV. Adanu Abimata)
Wildaniati, Y., Merliza, P., Loviana, S., & Mustika, J. (2021). Kemampuan Matematis Untuk Guru Dan Calon Guru Matematika. Idea Press Yogyakarta.
Wirabumi, R. (2020, October). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113). https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660
Zainuri, Ahmad (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. Buku Literasiologi Anggota IKAPI, Bengkulu.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Boy Arwin Zebua, Yakin Niat Telaumbanua, Netti Kariani Mendrofa, Ratna Natalia Mendrofa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















