DESAIN PEMBELAJARAN STEM PROYEK SIMPLE VACUUM CLEANER UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.450Kata Kunci:
Berpikir Komputasional, EDP, Pembelajaran STEM, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan kemampuan berpikir komputasional siswa sekolah dasar melalui pembelajaran STEM proyek simple vacuum cleaner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) yang terdiri dati tahap analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Tahap analisis dan dan eksplorasi dilakukan melalui kajian literatur dan studi lapangan untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan dan potensi integrasi STEM dalam pembelajaran. Tahap desain dan konstruksi menghasilkan rancangan berbasis proyek dengan menggunakan sintaks EDP yaitu ask, imagine, plan, create, dan improve. Tahap evaluasi dan refleksi berisi uji coba terbatas. Desain pembelajaran terdiri dari desain pembelajaran, analisis hasil pembelajaran yang diharapkan dan tujuan pembelajaran, kerangka desain pembelajaran STEM untuk mengembangkan kemampuan berpikir komputasional, dan Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran STEM dapat mengembangkan kemampuan berpikir komputasional siswa.
Referensi
Bocconi, S., Chioccariello, A., Dettori, G., Ferrari, A., & Engelhardt, K. (2016). Developing Computational Thinking in Compulsory Education (P. Kampylis & Y. Punie (eds.)). European Commision. https://doi.org/10.2791/792158
Chatib, M. (2016). Gurunya Manusia (Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara). PT Mizan Pustaka.
Chesky, N. Z., & Wolfmeyer, M. R. (2015). Philosophy of STEM Education. PALGRAVE MACMILLAN. https://doi.org/10.1057/9781137535467.0001
Cunningham, C. M. (2018). Engineering in Elementary STEM Education. Teachers College Press.
Dulyapit, A., & Winarsih. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STEM / STEAM dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 di Madrasah Ibtidaiyah : Studi Pustaka. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 86–95. http://jurnal.iailm.ac.ic/index.php/madrosatuna
Irmayani, O., Lidilillah, D. A. M., & Putri, A. R. (2023). Developing STEM Learning Design with Mini Projector Media in Grade V of Elementary School. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(November), 2688–2702. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2680
Kebudayaan, K. P. dan. (2024). KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 032/H/KR/2024 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN ME (Issue 021).
Kristiandari, C. S. D., Akbar, M. A., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Computational Thinking dan STEM dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V-B SD Kanisius Kadirojo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4794–4806.
Lantakay, C. N., Senid, P. P., Blegur, I. K. S., & Samo, D. D. (2023). Hypothetical Learning Trajectory: Bagaimana Perannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar? Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 384–393. https://mathjournal.unram.ac.ic/index.php/Griya/index
Lee, C., Difrancesca, D., Lee, C., & Mcintyre, E. (2014). Where Is the “E” in STEM for Young Children? Engineering Design Education in an Elementary Teacher Preparation Program. In Issues in Teacher Education (Vol. 23, Issue 1). Spring.
Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. 1.
Lidinillah, D. A. M., Mulyana, E. H., Karlimah, K., & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia : An analysis and exploration. Journal of Physics: Conf. Series, 1318, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012053
Mckenney, S. (2018). ROLES AND COMPETENCIES OF EDUCATIONAL DESIGN RESEARCHERS: ONE FRAMEWORK AND SEVEN GUIDELINES. Learning, Design, and Technology, January. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17727-4
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2018). Conducting Educational Design Research. In Conducting Educational Design Research (2nd ed.). Routledge (Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781315105642
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. In Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
P, F. L. R., Putri, I. A., Tanjung, M. S., & Siregar, R. (2024). Studi Literatur : Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i2
Prajuabwan, P., & Worapun, W. (2023). The Use od STEM-Based Learning Activities to Promote Computational Thinking of Grade 5 Student. Journal of Education and Learning, 12(4), 118–127.
Rarastika, N., Nasution, K., Monalisa Chaira Nainggolan, D. T., Safira, R., Isyrofirrahmah, I., & Mailani, E. (2025). Efektivitas Pendekatan Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering , and Mathematics ) dalam Pembelajaran Matematika Abad ke-21. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1464
Roberts, A. (n.d.). Applying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum. In Department of STEM Education and Professional Studies Old Dominion University, Norfolk, VA, U.S.A.
Rusminati, S. H., & Juniarso, T. (2023). Studi Literatur : STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(03), 10722–10727. http://jonedu.org/index.php/joe
Sari, U., Ulusoy, A., & Pektaş, H. M. (2025). Computational Thinking in Science Laboratories Based on the Flipped Classroom Model : Computational Thinking , Laboratory Entrepreneurial and Attitude. Journal of Science Education and Technology, 2020. https://doi.org/10.1007/s10956-024-10192-y
Sengupta, P., Kinnebrew, J. S., Basu, S., Biswas, G., & Clark, D. (2013). Integrating computational thinking with K-12 science education using agent- based computation : A theoretical framework. Education and Information Technologies, May 2014. https://doi.org/10.1007/s10639-012-9240-x
Shute, V. J., Sun, C., & Asbell-Clarke, J. (2017). Demystifying computational thinking. Educational Research Review, 22, 142–158. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.09.003
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwardi, S. (2021). Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi Era Merdeka Belajar Abad 21. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.337
Unaenah, E., Hidyah, A., Muzeeb, A., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Bruner pada Konsep Bangun Dtar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349.
Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2015). Defining Computational Thinking for Mathematics and Science Classrooms. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9581-5
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ~ Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278.
Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.
Wing, J. M. (2020). Computational thinking and thinking about computing. Philosophical of the Royal Society, 3717–3725. https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118
Yatin, & Abidin, Z. (2020). Tinjauan Pustaka: Perkembangan Pembelajaran STEM di Indonesia Berdasarkan Variasi Mata Pelajaran, Bahan Ajar, dan Aspek Penilaian Tahun 2019-2022 Yatin1,. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(11), 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6830219
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Reva Indrianingsih, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, Srie Mulyati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















