EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA PENANGKAPAN IKAN PAUS DAN SISTEM BARTER MASYARAKAT LAMALERA KABUPATEN LEMBATA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.426Kata Kunci:
Budaya Lamalera, Etnomatematika, Penangkapan Ikan Paus, Sistem BarterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat dalam budaya penangkapan ikan paus dan sistem barter masyarakat Lamalera, Kabupaten Lembata. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan menunjukan bahwa dalam proses penangkapan ikan paus, masyarakat menggunakan alat-alat tradisional yang memiliki bentuk geometris, seperti perahu (trapesium), layar (persegi panjang), tombak (segitiga), dan Gong (lingkaran). Selain itu, saat melempar tombak, juru tikam mempertimbangkan sudut dan jarak, yang mencerminkan konsep sudut dan estimasi. Dalam sistem barter, masyarakat Lamalera menerapkan konsep aritmatika sosial secara tidak langsung, seperti perbandingan nilai tukar, perhitungan jumlah hasil laut dan hasil pertanian yang dipertukarkan.
Referensi
Aini, N. (2021). Etnomatematika dalam budaya masyarakat Suku Sasak di Desa Sade. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 34–42. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.15479
Anggriani, S., & Jumrah, J. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 42-57.
Bishop, A. J. (1988). Mathematical enculturation: A cultural perspective on mathematics education. Kluwer Academic Publishers.
D'Ambrosio, U. (2006). The program ethnomathematics: A theoretical basis of the dynamics of intra-cultural and intercultural relations. The Montana Mathematics Enthusiast, 3(2), 139–149.
Fitriana, A., & Widodo, S. A. (2021). Etnomatematika dalam budaya masyarakat agraris sebagai sumber belajar matematika. Jurnal Gantang, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2801
Furqan, F. (2019). Penerapan etnomatematika dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 708–715.
Hanum, F., & Wulandari, A. (2022). Etnomatematika pada sistem barter masyarakat lokal. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 7(1), 11–20. https://doi.org/10.21043/jpmk.v7i1.12975
Hasanah, U., & Abadi, M. N. (2023). Eksplorasi etnomatematika dalam budaya lokal masyarakat pesisir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 102–110. https://doi.org/10.30651/jpms.v11i2.17032
Jannah, M., & Yuliani, S. (2020). Potensi budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 155–162. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.5910
Jumrah, J. (2025). Exploring Numeracy Games as an Ice-Breaking Strategy: Impact on Mathematics Learning Achievements. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 813-826.
Muhardi, M., Jumrah, J., & Harnipa, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Demonstrasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 123-136.
Nay, N. L. (2018). Unsur matematika dalam budaya penangkapan ikan paus masyarakat Lamalera. Jurnal Etnomatematika Nusantara, 2(1), 45–55.
Nisa, K., & Fauzi, A. (2021). Model pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 175–188. https://doi.org/10.22342/jpm.v15i2.9571
Ohoirat, R., Latupeirissa, D., & Lewier, I. (2019). Etnomatematika dalam budaya masyarakat adat pesisir Maluku. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 349–362. https://doi.org/10.24832/jpnk.v24i3.1216
Prahmana, R. C. I., & Suwasti, P. (2014). Local wisdom-based mathematics learning model: The case of the Pasuruan traditional house. Journal on Mathematics Education, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1497.123-132
Purnamasari, D., & Rofiah, L. (2020). Identifikasi konsep matematika pada budaya masyarakat petani. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 927–935. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3170
Riyanto, B., & Suryani, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.13514
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Maria Fidelia Keneka Bliklolong, Sofia Sa’o, Lely Suryani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.