ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIK SISWA YANG BERGAYA KOGNITIF REFLEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.410Kata Kunci:
Berpikir Statistik, Gaya Kognitif, ReflektifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir statistik siswa kelas VIII MTs Manbaul Huda yang bergaya kognitif reflektif. Mengingat pentingnya kemampuan berpikir statistik di era industri 4.0, penelitian ini berfokus pada pemahaman siswa dalam indikator berpikir statistik, yaitu mendeskripsikan data, mengorganisasi dan mereduksi data, representasi data, serta analisis dan interpretasi data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan tiga subjek siswa bergaya kognitif reflektif yang telah mengikuti pembelajaran statistika. Data dikumpulkan melalui tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes berpikir statistik, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mampu mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi data dengan baik, serta menyusun representasi data secara akurat. Namun, terdapat kekurangan pada kesimpulan yang kurang mendalam dan tidak selalu menyeluruh, meskipun kesimpulan yang disajikan tetap relevan. Penelitian ini menyarankan agar proses berpikir statistik siswa lebih dipahami oleh pendidik dan memerlukan kajian lebih lanjut untuk mengembangkan keterampilan berpikir statistik siswa dalam konteks pembelajaran matematika yang lebih luas.
Referensi
Amalia, F., Wildani, J., & Rifa’i, M. (2020). Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 1–6.
Gumelar, A. S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Statistis Siswa SMP Pada Materi Statistika.
Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.
Indrapangastuti, D. (2023). Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning (Teori dan Implementasi). CV Pajang Putra Wijaya.
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.
Jazilah, F. V. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Postulat (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 4(1), 96–111.
Jones, G. A., Thornton, C. A., Langrall, C. W., Mooney, E. S., Perry, B., & Putt, I. J. (2000). A Framework for Characterizing Children’s Statistical Thinking. Mathematical Thinking And Learning, 2(4), 269–307.
Lailiyah, S., Muslimah, N., & Sutini, S. (2021). Do Students With Different Cognitive Styles Have Similar Levels of Statistical Thinking? Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 15–33. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i1.438
Maiti, M., & Pardi, M. H. H. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif, Impulsif, Dan Gender. Journal of Math Tadris, 3(2), 48–72. https://doi.org/10.55099/jmt.v3i2.85
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205–212.
Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student’s Statistical Literacy Skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 273–286. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6902
Mawardi, A. V., Yanti, A. W., & Arrifadah, Y. (2020). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 40–52.
Nasution, F., Nasution, N., Ramadhania, A. N., Amanda, P. R., & Auliah, A. (2023). Hakikat Pembelajaran Micro. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 153–163.
Oktaviani, I. A., Ariyanto, L., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 485–491.
Prameswari, A. A., & Zulkarnaen, R. (2020). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Kelas IX pada Materi Statistika. Prosiding Sesiomadika, 2(1e).
Pratiwi, A., Hikmah, F., Adiansha, A. A., & Suciyati, S. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 36–43.
Qomariyah, U. N., & Dinarti, S. (2021). Proses Berpikir Statistis Siswa Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Field Independent. Inspiramatika, 7(1), 1–15.
Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D. D. H., Lestari, N. D. S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 207–216.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta.
Swastika, G. T., & Narendra, R. (2022). Visualizer-Verbalizer pada Profil Berpikir Statis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 406–411. https://doi.org/10.28926/jpip.v2i3.520
Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395–408.
Waru, M. V., Minggi, I., & Annas, S. (2015). Deskripsi Persepsi Tentang Statistika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 70.
Wiranata, E., Karolina, A., & Indrawari, K. (2024). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Statistika terhadap Kemampuan Penalaran Statistik Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3647
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Christin Nur Aini; Warli

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.