PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER TEST UNTUK MENGETAHUI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI STATISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.408Kata Kunci:
Instrumen Diagnostik Tes Tiga Tingkat, Miskonsepsi, StatistikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen diagnostik three tier test untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi statistika. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mengalami miskonsepsi, terutama dalam menentukan mean, median, dan modus, yang mempengaruhi kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari tahapan define, design, and development, tanpa tahapan disseminattion karena keterbatasan waktu dan ruang lingkup. Keunggulan penelitian ini terletak pada penggunaan penalaran terbuka pada tingkat kedua, yang memungkinkan peneliti untuk menggali lebih dalam pemikiran siswa dibandingkan dengan penelitian sebelumnya yang menggunakan penalaran tertutup. Alat yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli dan di uji kepraktisannya oleh guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan tingkat validitas yang sangat valid sebesar 90%, dan kepraktisan mencapai rata-rata 87,5%. Dari hasil uji coba awal, ditemukan bahwa siswa mengalami 8,4% miskonsepsi, 23,3% miskonsepsi false positive, dan 12,4% miskonsepsi false negative. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa instrumen ini efektif dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa dan dapat menjadi solusi alternatif bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran berbasis pemahaman konsep.
Referensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Ichiana, N. N., Anwar, A., Rahmayani, S., & Razzaq, A. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Al-Irsyad Journal Of Mathematics Education, 2(1), 9-16.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39-50.
Kustiarini, F. T., VH, E. S., & C.S, A. N. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171–178. https://jurnal.uns.ac.id/jpkim
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20201
Laksono, P. J. (2020). Pengembangan Three Tier Multiple Choice Test Pada Materi Kesetimbangan Kimia Mata Kuliah Kimia Dasar Lanjut. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 44–63. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/orbital/article/view/5649
Lestari, I., Prayitno, S., Baidowi, B., & Sripatmi, S. (2023). Pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 36-50.
Mufida, M., A’yun, D. Q., & Razzaq, A. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN “MATCH MAGIC TRIK BILANGAN PECAHAN”. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 51-58.
Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). Miskonsepsi Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar VAK. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7), 232–239. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/23753
Nabilah, L. Y. (2019). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pecahan Kleas VII SMPN 24 Makassar [Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Makassar]. https://eprints.unm.ac.id/14043/1/SKRIPSI_LU%27LU%20YU%27TIKAN%20NABILAH.pdf
Putranto, A., Langitasari, I., & Nursa’adah, E. (2020). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Pada Konsep Atom, Ion dan Molekul Jurnal Zarah. Jurnal Zarah, 8(1), 1–6. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/1349
Ratman, R., Nurafni, N., Mustapa, K., Jura, M. R., Nurida, N., & Nurasiah, N. (2022). Identification of Student Misconception using a Three-tier Diagnostic Test on Colloid. Jurnal Akademika Kimia, 11(2), 129–133. https://doi.org/10.22487/j24775185.2022.v11.i2.pp129-133
Rustiani, S., Djafar, S., & Hafsyah, H. (2023). Peningkatan Penguasaan Materi Kesebangunan Melalui Alat Peraga. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 17-25.
Saifullah, A. M., Wartono, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Materi Fluida Statis Pada Siswa Kelas X MIA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(7), 517–525. https://doi.org/10.17977/um067v1i7p517-525
Salamah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2022). Instrumen Three-Tier Test Berbasis Kemampuan Representasi Matematis untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 391–404. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2205
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syamsinar, S., Gusnia, K., Asmawati, A., & Ahmad, A. K. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 91-102.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Andra Muharram, Utin Desy Susiaty, Yadi Ardiawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.