PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ”BILANGAN CACAH SAMPAI 10.000” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.382Kata Kunci:
Articulate Storyline, Bilangan Cacah sampai 10.000, Pengembangan MediaAbstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bilangan cacah sampai 10.000 yang memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif sehingga siswa mampu menguasai materi bilangan cacah sampai 10.000 dengan mudah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tunjungharjo. Pengumpulan data diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan guru serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari ahli media memperoleh skor 75% dengan kategori valid dan ahli materi memperoleh skor 84% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan secara keseluruhan memperoleh skor presentase 84,45% dengan kategori sangat praktis. Setelah penggunaan media interaktif Articulate Storyline hasil rata-rata nilai post-test siswa berpengaruh signifikan yakni 82,03 dan nilai pre-test siswa rata-rata 35,10. Hasil uji t untuk dua sampel dependen menunjukkan bahwa sig < 0,05 atau 0,000 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang diterapkan dalam mengukur keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bilangan cacah sampai 10.000 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Referensi
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Alfian, M., Putra, A. D., & Surahman, A. (2022). PENERAPAN AUGMENTED REALITY (TANAMAN OBAT KELUARGA) TOGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MARKER. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(1), 77–85. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Amelia, D., Jayanti, & Suryani, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 80 PALEMBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09.
Arshad, Z. M., Azman, M. N. A., & Sundari, R. S. (2023). NEED ANALYSIS FOR THE DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY-BASED ELECTRONIC DESIGN APPLICATION IN SECONDARY SCHOOL DESIGN AND TECHNOLOGY (D&T) SUBJECT. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 32(2), 154–163. https://doi.org/10.37934/ARASET.32.2.154163
Atasya, S. M., Priyanto, W., & Sundari, R. S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR. DINIYAH Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.31332/d
Badriyah, N., Sukamto, & Subekti, E. E. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SDN LAMPER TENGAH 02.
Cahyaningrum, F., Huda, C., & Sundari, R. S. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SUDUT KELAS IV SEKOLAH DASAR. Wawasan Pendidikan, 4(1), 253–265. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17415
Efendi, R., Sukamto, & Fajriah, K. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SI RAJA” BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Fariz, R., & Dewi, N. R. (2022). KAJIAN TEORI: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MODEL PREPROSPEC BERBANTUAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 304–310. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hanifah, M., Untari, M. F., Sukamto, & Maslinda. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA 2A SD N SAMPANGAN 2. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6, 254–260.
Hasanah, U., Safitri, I., & Nasution, M. (2021). MENGANALISIS PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR BERBASIS GAME. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211.
Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. JIP : Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).
Hidayah, N., Nafitri, S. E., Zaky, F., & MZ, S. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE SEBAGAI MMEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. https://jurnal.educ3.org/index.php
Janah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, & Isnuryantono, E. (2023). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716
Masithoh, S., Sugiyanti, Sukamto, & Puji, I. L. (2024). PEMANFAATAN MEDIA LIPAT (NILAI TEMPAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH BESAR KELAS 5 SD NEGERI PEDURUNGAN LOR 01. Journal on Education, 07(01), 5730–5743. http://jonedu.org/index.php/joe
Mayoza, H., Harahap, T. H., & Manurung, S. A. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1422–1433. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.1598
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI BILANGAN CACAH SISWA SEKOLAH DASAR. JKPM Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 293–306. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04, 157–168. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v
Riawan, M. R. I., Sukamto, & Subekti, E. E. (2020). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU AKTIVITAS PETA SI PINTAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 95. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.193
Rismadhani, N. A., Sundari, R. S., & Rahmawati, I. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONTASE PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN LEMPONGSARI SEMARANG. Wawasan Pendidikan, 4(2), 380–389. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17973
Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 2, Issue 2).
Safitri, A., Arafah, A. A., Septika, H. D., Makmun, Hidayat, T., & Sukriadi. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART APPS CREATOR TERINTEGRASI GENIALLY PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 889–896. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.1972
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2021). DESIGNING LEARNING OBJECT USING ARTICULATE STORYLINE 3 FOR SUPPORTING INDONESIA ONLINE LEARNING SYSTEM (SPADA). Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012058
Ulfahyana, H., & Herwandi. (2024). PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: LITERATURE REVIEW (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.62388/prisma.v3i1.432
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Imelda Patricia, Riris Setyo Sundari, Sukamto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.