PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH DENGAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA PADA KUE TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.375Kata Kunci:
Bangun Datar, Etnomatematika, Kue Tradisional, Macromedia Flash, Pemecahan MasalahAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash yang diintegrasikan dengan etnomatematika dalam konteks kue tradisional guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi bangun datar. Penelitian ini didasari oleh permasalahan siswa dalam memahami konsep matematika yang abstrak serta keterbatasan media pembelajaran. Model pengembangan ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model 3D (Define, Design, Develop) yang mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan media, dan pengujian produk. Media divalidasi oleh ahli materi dan media, lalu direvisi dan diujicobakan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubu. Hasil validasi menunjukkan media sangat valid, dengan persentase 96,29% (materi) dan 98,52% (media). Respon guru dan siswa menunjukkan media dengan kategori sangat praktis dengan skor masing-masing 100% dan 81,48%. Hasil posttest menunjukkan 70,37% siswa mencapai nilai di atas KKM, yang berarti media dengan kategori efektif. Media pembelajaran ini juga mempermudah siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret melalui pendekatan budaya lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai media pembelajaran inovatif dan bermakna secara kultural.
Referensi
Apriyanur Rohim & Indah Setyo Wardhani. (2024). Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 91–101. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2721
Arif, D. S. F., Purnomo, D., & Sutrisno, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3673
Darma, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9.
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. 14(1).
Dwita, R., Muchtadi, M., & Risalah, D. (2022). Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Penyelesaian Soal Cerita Materi SPLDV Siswa Kelas X Multimedia SMKN Hulu Gurung. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.176
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (n.d.). ETHNOMATHEMATICA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PEMBELAJARAN BILANGAN DENGAN MEDIA BATIK MADURA, TARI KHAS TRENGGAL DAN TARI KHAS MADURA).
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Jumrah, J. (2017). Peningkatan pemahaman konsep geometri melalui metode demonstrasi siswa kelas V SDN 186 Lembang. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12-26.
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543
Pangestu, M. F., & Ratnaningsih, N. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat Berbasis Etnomatematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional 8.
Rosita, R., Jumrah, J., Rahmayani, S., & Hamdana, H. (2024). Transformasi digital dalam pendidikan: Pelatihan tools AI untuk mendukung pengajaran dan administrasi guru. Room of Civil Society Development, 3(6), 235-246.
Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2021). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42194
Susanti, Y. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. 2.
Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ernita Yuliawati, Hartono, Dwi Oktaviana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.