UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA TABEL PERKALIAN DIGITAL BERBASIS WORDWALL
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.368Kata Kunci:
Hasil Belajar, Matematika, Media Digital, Perkalian, Sekolah Dasar, WordwallAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika (perkalian) siswa kelas III SD menggunakan media digital Wordwall. Latar belakang masalah adalah rendahnya hasil belajar akibat kurangnya variasi media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas III. Instrumen yang dipakai meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Observasi menunjukkan peningkatan interaksi dan hasil belajar siswa dengan Wordwall. Rata-rata nilai tes siswa meningkat dari pra-tes ke siklus I dan II. Kesimpulannya, media Wordwall efektif meningkatkan prestasi belajar matematika materi perkalian di SD.
Referensi
Akbar, Hilmi Fadhillah, and Muhamad Sofian Hadi. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa.” (2).
Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Rajang Begatung II. J-PiMat, 2(2), 231–241.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.
Ayu, Sri, Sekar Dwi Ardianti, and Savitri Wanabuliandari. 2021. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(3):1611. doi: 10.24127/ajpm.v10i3.3824.
Didik Supriyanto. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Program Studi PGMI, Vol 5 No 1(32), 112–129.
Eriska, Lala, Maria Maha Ulfa, S. (2024). Pemanfaatan Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas I Di Sd Negeri 112 Palembang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN, 10(7), 28–42.
Khotimah, Sita Husnul, and Muhammad As’ad. 2020. “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.”
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Rais, M., Sukmawati, S., & Hijriyah, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Lingkungan Sekolah. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4), 46–52. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol3.iss4.1332
Sari, Eka Rosmitha, Muhammad Yusnan, and Irman Matje. 2022. “peran guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui media pembelajaran.” Jurnal eduscience 9(2):583–91. doi: 10.36987/jes.v9i2.3042.
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Rais, M., Sukmawati, S., & Hijriyah, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Lingkungan Sekolah. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4), 46–52. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol3.iss4.1332
Shipa Faujiah, & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 829–840. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2588
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054
Suharto, T., Yakin, F. A., & Purwantoro, F. (2025). Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 23. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i2.18529
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rifqi Al-Anbiya Munggaran, Arsyi Rizqia Amalia, Iis Nurasiah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.