PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Indah Puspita Silaban Universitas Negeri Medan
  • Hamidah Nasution Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.353

Kata Kunci:

Discovery Learning, Eksperimen semu, Hasil Belajar, Pretest-Posttest

Abstrak

Riset ini bermaksud mengetahui dampak model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang diaplikasikan berupa pendekatan kuantitatif dengan disain eksperimen semu tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian mencakup dua kelas VII di SMP Negeri 28 Medan, yaitu kelas VII – E sebagai kelas ekperimen yang mengaplikasikan model pembelajaran discovery learning dan kelas VII – F sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran secara tradisional. Alat ukur yang digunakan berupa tes pilihan ganda guna menaksir hasil belajar siswa. Data dianalisis memakai uji-t dan perhitungan effect size. Hasil analisis mengilustrasikan bahwa rata-rata poin posttest anak ajar kelas ekperimen senilai 84,13, lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang mendapatkan rerata 74,13. Uji-t menciptakan poin t-hitung senilai 6,702, sementara t-tabel pada taraf signifikan kurang dari 5% (0,000 < 0,05) dengan derajat kebebasan 58 adalah 2,001, sehingga diambil simpulan bahwa t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Beracuan pengujian hipotesisnya, hipotesis alternatif (H1) diterima atau poin rerata hasil belajar anak ajar kelas ekperimen lebih besar dibanding dengan kelas kontrol. Perhitungan effect size senilai 1,73 mengilustrasikan bahwa ada efek yang ditimbulkan pada kategori tinggi. Kesimpulannya, model pembelajaran discovery learning menghadirkan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar matematika anak didik.

Referensi

Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. NUSANTARA, 2(1), 158–163.

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.

Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476.

Fitriyah, A. M., Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112.

Hidayat, A. (2018). Perbandingan Model Pembelajarn Pbl Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKN. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 71–82.

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JMLIPARE, 8-19.

Kaban, R. H., Sari, N., & Sihombing, L. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109.

Naibaho, A. J. I., Susanta, A., & Hanifah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 238–246.

Panie, R. P. S., Kurniati, N., Kurniawan, E., & Hikmah, N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 8 Mataram Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1065–1073.

Rahayu, D., Kartini, K., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 47–60.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109–117.

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N. , & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20–31.

Rhamayanti, Y., & Harahap, A. N. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 81–90.

Rubae’ah. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas 7D SMP Negeri 8 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 51–56.

Sawilowsky, S. S. (2009). New Effect Size Rules Of Thumb. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 8(2), 597–599.

Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2022). Peran Perilaku Guru dalam Menciptakan Disiplin Siswa. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 1–7.

Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122.

Zega, Y. (2020). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains Dan Pembelajarannya, 14(1), 2410–2416.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-12

Cara Mengutip

Silaban, I. P., & Nasution, H. . (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 381–390. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.353

Terbitan

Bagian

Artikel