PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PERKALIAN PULUHAN (P4) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Muhammad Iqbal Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.345

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Media P4, Perkalian Puluhan

Abstrak

Matematika merupakan disiplin ilmu yang memainkan peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, sehingga diajarkan sejak jenjang sekolah dasar. Meski demikian, pelaksanaan pembelajarannya masih menghadapi berbagai kendala. Salah satu solusi yang ditujukan guna meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran peserta didik kelas III SDN 3 Mindahan digunakan media pembelajaran papan pintar perkalian puluhan (P4). Pengembangan media ini mengikuti tahapan model ADDIE Media ini didesain menggunakan  aplikasi canva yang selanjutnya dibuat berbentuk papan lipat yang terbuat dari kayu yang dilapisi banner. Penelitian ini melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 24 peserta didik kelas III SDN 3 Mindahan. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 81% dan tergolong sangat layak, sedangkan dari ahli media sebesar 95%, juga dalam kategori sangat layak. Uji kepraktisan menunjukkan respons guru sebesar 93% dan siswa sebesar 92%, keduanya dalam klasifikasi sangat praktis. Untuk menguji tingkat efektivitas media pembelajaran menggunakan uji N-Gain dengan hasil presentase yang diperoleh sebesar 68,5542% dalam kategori interpretasi cukup efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran P4 memiliki potensi besar dalam mendukung peningkatan hasil belajar matematika, khususnya pada konsep perkalian, serta dapat diimplementasikan secara lebih luas di tingkat sekolah dasar.

Referensi

Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47.

Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 11–19.

Ahmad, A. K., Razzaq, A., Rahmayani, S., Jumrah, J., Hamdana, H., & Muhardi, M. (2024). Analisis Hasil Belajar, Aktivitas Belajar dan Respon Belajar Matematika melalui Quantum Teaching kelas VII3 SMP Negeri 1 Batulappa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 668-674.

Apriani, N. K. R., Ermiana, I., & Nurmawanti, I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa pada Materi Operasi Hitung untuk Siswa Kelas IV di SDN 32 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1435–1444.

Arianingsih, B. D., Arjudin, A., Wulandari, N. P., & Sridana, N. (2022). Kepraktisan Media Tutorial Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Pokok Bangun Ruang. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 364–374.

Attalina, S. N. C., & Irfana, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Dengan Menerapkan Model PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran Tolkama (Botol Perkalian Matematika) Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 210–219.

Erawati, D. Y., Riswari, L. A., & Amaliyah, F. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Cibatar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 8(1), 64–75.

Fasya, N. A., Nailufar, D. A., & Sutriyani, W. (2023). Efektifitas Penerapan Metode Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Bugel. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3), 68–84.

Handini, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita bagi Siswa SMP Kelas VIII. Basindo, 4(2), 233–241.

Ikhlas, A. (2020). Pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp pada materi teorema phygoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395–1406.

Ir Syofian Siregar, M. M. (2017). Metode Pemilihan Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media.

Julianto, I. N. L. (2019). Interaktivitas warna sebagai rangsang visual pada ruang belajar siswa sekolah dasar kelas 1–3 di kota denpasar. Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain, 1, 56–64.

Kharissatun, F., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh penggunaan media camtasia terhadap hasil belajar matematika di sdn 2 troso jepara. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 181–191.

Khoerunnisa, S., & Fitriyani, F. (2023). Development of Counting Dakotika Media to Improve Understanding Multiplication Concepts in Class II Elementary School. Education Achievement: Journal of Science and Research, 162–175.

Khoirina, H., Nengsih, M. R., & Riswari, L. A. (2023). Analisis penalaran matematis matematika siswa kelas IV SD di Desa Gondangmanis. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 47–54.

Kurniati, P., Untari, M. F. A., & Sulianto, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga. Journal of education action research, 4(4), 407–414.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Maziyah, H. N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Di Sdn 3 Karangaji. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 157–164.

Pardomuan, G. N., Ristua, Y., & Kom, S. I. (2023). Buku ajar media pembelajaran tepat guna. Cipta media nusantara.

Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C. E. (2023). Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1312–1315.

Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS untuk penelitian dan riset pasar. Elex media komputindo.

Rosita, R., Jumrah, J., Rahmayani, S., & Hamdana, H. (2024). Transformasi digital dalam pendidikan: Pelatihan tools AI untuk mendukung pengajaran dan administrasi guru. Room of Civil Society Development, 3(6), 235-246.

Sari, A. D. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan fitur “reels instagram” pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di masa pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 33–38.

Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016.

Supriatin, C., & Putra, H. D. (2023). Pengembangan bahan ajar materi garis singgung lingkaran menggunakan model problem based learning berbantuan scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1851–1864.

Supriatna, A., & Wulandari, F. (2023). Pengembangan Media Papan BAPER (Batang Perkalian) pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian. Jurnal Primary Edu, 1(1), 1–10.

Syafriani, D., Darmana, A., Syuhada, F. A., & Sari, D. P. (2023). Buku Ajar Statistik: Uji Beda Untuk Penelitian Pendidikan (Cara dan Pengolahannya dengan SPSS).

Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.

Tjandra, C. (2023). Effectiveness Of Using Manipulatives In Mathematics Teaching In Inclusive Education Programs In An Elementary School. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 168–178.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-12

Cara Mengutip

Iqbal, M., Sutriyani, W., & Zumrotun, E. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PERKALIAN PULUHAN (P4) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 366–380. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.345

Terbitan

Bagian

Artikel