PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.320Kata Kunci:
AI-Based E-Module, Artificial Intelligence, Discovery Learning, Quadratic EquationsAbstrak
Kemajuan teknologi digital yang pesat, khususnya Artificial Intelligence (AI), telah mendorong inovasi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbasis AI dengan pendekatan Discovery Learning guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas empat tahap: Preliminary Research, Prototyping, Assessment, dan Implementation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar validasi, tes keefektifan, dan angket kepraktisan. Hasil validasi awal menunjukkan skor 3,17 (kurang valid), sehingga dilakukan revisi pada aspek kejelasan konten, antarmuka, dan penerapan sintaks Discovery Learning. Uji coba terbatas menunjukkan hasil kepraktisan yang baik, namun skor tes masih rendah (65,75). Pada Uji Coba Lapangan II terjadi peningkatan signifikan dengan skor post-test mencapai 82,83 dan kepraktisan dinilai sangat praktis (3,69). Implementasi akhir menghasilkan skor efektivitas rata-rata sebesar 86,25. E-modul ini dilengkapi fitur sintaks Discovery Learning, umpan balik melalui Gemini AI, visualisasi interaktif, dan akses daring melalui Streamlit–Colab–Ngrok. Keterbatasan produk terletak pada penggunaan AI non-generatif dan kendala teknis seperti durasi sesi Ngrok yang terbatas. Secara keseluruhan, e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran digital pada materi persamaan kuadrat.
Referensi
Afriani, D. T. (2024). Peningkatan keterampilan digital guru. Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan, 105, 45–58.
Ahmad, Z., & Aryani, Z. (2024). Teknik dan pendekatan pembelajaran matematika yang menyenangkan di sekolah dasar. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 3(1), 1–8.
Alice, B., Marina, M., & Fabio, R. (2023). Fostering problem solving and critical thinking in mathematics through generative artificial intelligence. In Proceedings of the 20th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2023) (pp. 377–385).
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan e-modul logika matematika dengan Heyzine untuk menunjang pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80.
Fahlena, H., Pratama, M. F., Tarihoran, E. R., Tsamarrah, F. T., & Stephania, C. P. (2025). Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemanfaatan artificial intelligence pada guru SMP Al Fajar Ciparay. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(3), 3284–3290.
Fauziyah, L., & Haryanto, M. (2024). Reaktualisasi pembelajaran menulis naskah drama pada generasi Z dengan metode discovery learning berbasis artificial intelligence (ChatGPT). Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 143–157.
Gafar, M. F. (2024). Jembatan ilmu: AI dalam konteks akademis untuk masa depan pendidikan. CV Brimedia Global.
Hasritita, R. (2024). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 10–24.
Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas media video berbasis animasi dalam pembelajaran tematik. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 291–297.
Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era Society 5.0. Penerbit NEM.
Kholidah, A., & Savitri, E. N. (2022). Pengaruh interactive e-module berbasis masalah terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 222–233).
Liliana, D. Y., Nalawati, R. E., & Warsuta, B. (2023). Kajian pemanfaatan teknologi artificial intelligence generatif dalam aktivitas akademik di Politeknik Negeri Jakarta. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 523–533.
Liriwati, F. Y. (2023). Transformasi kurikulum; Kecerdasan buatan untuk membangun pendidikan yang relevan di masa depan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71.
Maulana, A. (2022). Analisis validitas, reliabilitas, dan kelayakan instrumen penilaian rasa percaya diri siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139.
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis artificial intelligence melalui media puzzle maker pada siswa sekolah dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.
Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2023). Media pembelajaran berbasis aplikasi Android dalam seni kolaborasi. Jejak Pustaka.
Nurhayati, R., Nur, T., Adillah, N., & Urva, M. (2024, Oktober). Dinamika pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis artificial intelligence (AI). In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 1–7.
Oktaviani, R. D., Ilmiah, T., Sholihah, N., Apriliyani, R., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan aplikasi Photomath sebagai media pemecahan masalah matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–54.
Oktafrizal, O. F., Alim, J. A., & Sekarwinahyu, M. (2025). Pengaruh model discovery learning berbantuan Quizizz dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematis pada mata pelajaran matematika kelas VI SD. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 169–183.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2010). Educational design research: An introduction. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), An introduction to educational design research (pp. 23–26). Springer.
Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press.
Pradnyana, D. G. K. (2024). Si canggih AI, antara manfaat dan ancaman, pertahankan ruang menalar bersama cendikia muda SMP Negeri 1 Bangli. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 24–37.
Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian literatur pemanfaatan teknologi artificial intelligence untuk meningkatkan keterampilan abad XXI siswa dalam pembelajaran kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(1), 47–60.
Putri, D. R., & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning (GDL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197.
Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial intelligence: A modern approach (4th ed.). Pearson.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyo, U. (2023). Metode penelitian kualitatif. PT Salim Media Indonesia.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Komteks, 1(1), 1–10.
Wakhidah, E. N., Sulaeman, M., Metris, D., Priambodo, A., & Prakoso, R. D. Y. (2024). Peran artificial intelligence dalam transformasi sumber daya manusia pendidikan: Peningkatan kualitas vs penggantian. Jurnal Development, 12(1), 10–23.
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran literasi baca tulis dan numerasi pada anak usia dini. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 9–20.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144.
Yahya, R. N., Azizah, S. N., & Herlambang, Y. T. (2024). Pemanfaatan ChatGPT di kalangan mahasiswa: Sebuah tinjauan etika teknologi dalam perspektif filsafat. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Viki Himatul Ulya, I Gusti Putu Sudiarta, I Nengah Suparta

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.