TINGKAT VALIDITAS MEDIA KOMIK POP-UP BOOK PADA MATERI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.308Kata Kunci:
Komik, Matematika, Media Validitas, Pendidikan Dasar, Pop-Up BookAbstrak
Tujuan dari kajian ini untuk memahami seberapa baik Komik Pop-Up Book berfungsi sebagai alat bantu dalam pengajaran matematika di tingkat dasar, terutama mengenai topik pecahan. Dalam penelitian ini, tiga pakar (validator materi, validator media, dan validator bahasa) berperan selaku validator, yangmana mengadopsi pendekatan deskriptif kuantitatif. Setiap ahli menggunakan instrumen lembar penilaian berbasis skala Likert untuk menilai aspek kelayakan isi, desain visual, kejelasan bahasa, dan kesesuaian media dengan proses pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi: 95,7% dari ahli materi, 86,7% dari ahli media, dan 91% dari ahli bahasa. Temuan ini menunjukkan bahwa media Komik Pop-Up Book tergolong "valid" dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa dinilai lebih tertarik dan memahami konsep matematika abstrak jika elemen naratif digabungkan dengan visualisasi 3D interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media ini adalah alternatif yang menarik untuk media pembelajaran dan merekomendasikan uji efektivitas lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana media ini mempengaruhi hasil belajar siswa
Referensi
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Ali, A., Fenica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(1), 1–6.
Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981
Azizah, Z. N., Luqna, W., & Abd, H. (n.d.). Pendidikan Islam Dan Tantangan Era 4 . 0 : Strategi Penanaman Nilai Toleransi Pada Generasi Z. 4, 89–98.
Damayanti, E., & Astuti, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komat (Komik Matematika) Menggunakan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 802–814. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1483
Diana Suciningtyas. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Komik Punakawan Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Tokoh Cerita Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Poncowarno. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(June), 139–141.
Dr. Benny A. Pribadi, M. A. (2017). Media DAN TEKNOLOGI DALAM.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. EduSains, 66(2), 37–39.
Jannah, M., Sundari, N., & Fitriani, Y. (2025). Penggunaan Media Visual Pop Up Book untuk Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun. 8(1), 332–344. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.1001
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Khuzaimah, K., & Farid Pribadi. (2022). Penerapan Demokrasi Pendidikan pada Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.35905/almaarief.v4i1.2176
Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rani, P., Chakraborty, M. K., Sah, R. P. R. P. R. P., Subhashi, A., Disna, R., UIP, P., Chaudhary, D. P., Kumar, A. A. A. A. A., Kumar, R. R., Singode, A., Mukri, G., Sah, R. P. R. P. R. P., Tiwana, U. S., Kumar, B., Madhav, P., Manigopa, C., Z, A. H., Anita, P., Rameshwar, P. S., … Kumar, A. A. A. A. A. (2020). Pengembangan media Pop Up Book sebagai media pembelajaran ekosistem di SD /MI kelas V oleh weli Nivita. Range Management and Agroforestry, 4(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.asw.2013.04.001%5Cnhttp://journals.cambridge.org/abstract_S0140525X00005756%5CnLib scanned%5Cnhttp://www.br-ie.org/pub/index.php/rbie/article/view/1293%5Cnhttp://www-psych.nmsu.edu/~pfoltz/reprints/Edmedia99.html%5Cnhttp://urd.
Rustamana, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad - 21 Pada Mata Pelajaran Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 139–153.
Satriana, D. R., Ismaya, E. A., Ardianti, S. D., & Kudus, U. M. (2025). Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Pop Up Berbasis QR Code Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V. 6, 56–69.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Ulfa, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran Tematik berbasis android melalui aplikasi Cendekia ceria bagi peserta didiki kelas IV SD/MI. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Jamal, Fera Dwidarti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.