PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BANGUNAN BERSEJARAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA

Penulis

  • Husnul Khotimah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Darwin Djeni Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.294

Kata Kunci:

Bangunan Bersejarah Islam, Etnomatematika, Geometri, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kontekstual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran etnomatematika berbasis bangunan bersejarah Islam terhadap pemahaman konsep geometri siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-test Post-test Nonequivalent Control Group. Subjek terdiri dari 40 siswa kelas IX MTs Ichyaul Islam, dengan kelas IXA sebagai kelas eksperimen dan IXB sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 22, diawali dengan uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan homogenitas (Statistik Levene). Hasil uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, menandakan adanya pengaruh signifikan. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen (90,5) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (89,25). Meskipun selisihnya hanya 1,25 poin, pendekatan ini dinilai memberikan dampak praktis positif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. Secara teoretis, penelitian ini menegaskan pentingnya etnomatematika sebagai jembatan antara konsep matematika dan konteks budaya. Secara praktis, hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis nilai-nilai Islam dapat menjadi alternatif yang efektif. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi bangunan bersejarah Islam sebagai media dalam pembelajaran geometri di madrasah.

Kata kunci: etnomatematika, bangunan bersejarah Islam, pemahaman konsep, geometri, pembelajaran kontekstual

Referensi

Amelia, Betti Dian Wahyuni, Dhea Lisa Arianti, & Jessica Adelia Saputri. (2023). Menggali Kearifan Lokal : Etnomatematika Sebagai Cermin Kebudayaan Bengkulu. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.13

Andriani, S., & Septiani, I. (2020). Etnomatematika Motif Ceplokan Batik Yogyakarta Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.966

Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Gufron, A., Sampoerno, P. D., & Hakim, L. El. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Komik Bermuatan Budaya Lokal Betawi Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Euclid, 10(1). https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8487

Hendi, H., Ikhram, D., Suryana, E., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Menavigasi Perkembangan Masa Remaja Awal: Perkembangan, Tantangan, dan Kesempatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2991

Hidayatillah, W., Ningsih, E. T. W., & Pratama, L. D. (2022). Kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berorientasi Pada Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.675

Layan, S., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2023). Eksplorasi Enbal Bahan Makanan Khas Kepulauan Kei Menggunakan Etnomatematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.314

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Lestari, W., Pratama, L. D., & Sulistiowati, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis m-PBL Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1). https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page35-44

Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995- 2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276

Nihayah, Z., & Purwanto. (2022). Kajian Bentuk Dan Makna Motif Batik Bakaran Produksi Rumah Batik Tulis Classic Bakaran Desa Bakaran Kulon Kabupaten Pati. Eduarts: Journal of Arts Education, 11(2).

Nur Azmi, & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.180

Pratama, L. D., Lestari, W., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1051

Rahmawati, L., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Sebagai UpayaMenumbuhkan Karakter Cinta Budaya Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(1).

Richardo, R. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 3(1). https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6998

Safina, D., & Budiarto, M. T. (2022). Literasi Matematis Berbasis Budaya Sidoarjo Dalam Perspektif Etnomatematika. MATHEdunesa, 11(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p12-25

Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1). https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Sujati, B. (2018). Konsepsi Pemikiran Filsafat Sejarah Dan Sejarah Menurut Ibnu Khaldun. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 6(2). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v6i2.3521

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa SMP Kelas VIII Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-04

Cara Mengutip

Khotimah, H., Lestari, W. ., & Djeni, D. . (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BANGUNAN BERSEJARAH ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 257–267. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.294

Terbitan

Bagian

Artikel