PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.290Kata Kunci:
E-Comic, Kemampuan Pemecahan Masalah, Media Pembelajaran, Realistic Mathematics Education, Sistem Persamaan Linear Tiga VariabelAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Comic berbasis Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran, dengan alat berupa lembar validasi ahli, angket kepraktisan, dan soal posttest. Sampel penelitian yaitu kelas X A yang terdiri dari 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Comic berbasis Realistic Mathematics Education yang dikembangkan mencapai kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 89,23%, sangat praktis dengan persentase kepraktisan 90,44%, dan sangat efektif dengan persentase keefektifan sebesar 83,33%. Dengan demikian, media E-Comic berbasis Realistic Mathematics Education layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.
Referensi
Af-idah, N. Z., & Suhendar, U. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori apos saat diterapkan program belajar dari rumah. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Pono, 4(2), 103-112.
https://eprints.umpo.ac.id/6333/
Andriyani, J. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika E-Komik Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Himpunan Kelas Vii SMP (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
http://repository.iainbengkulu.ac.id/8880/
Apandini, C. R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Komik Digital. PRIMARY, 2(2), 110-116.
https://primary.ump.ac.id/index.php/primary/article/view/54
Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., & Sartika, M. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar dalam penyelesaian soal cerita Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 222-228.
https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/138
Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 297-303).
https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/294
Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 29, pp. 182-190).
Novita, A., Huda, N., & Junita, R. (2025). Pengembangan E-Komik Matematika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 8(2), 58-69
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/download/3174/1312
Safitri, C. N. N., Khotimah, R. P., & Rejeki, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Strategi Problem Solving Tipe Draw A Picture (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2015/2016). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
https://eprints.ums.ac.id/44105/
Saminanto. (2021). Realistic Mathematics Education Dengan Media Magic Math Cube bagi Siswa SMP. Semarang: SeAP (Southeast Asian Publishing).
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16057/
Savitri, I., & Kholiq, A. (2023). Validitas Komik Fisika Digital Untuk Melatihkan Berpikir Kritis siswa Pada Materi Gaya Gesek. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(3), 41-47
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/55601
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115-122.
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2260
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 44-53.
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12494
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress.
Waya, H. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82-94.
https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/faguru/article/view/672
Yuniawati, S., Palupi, E. L. W., & Fiangga, S. (2024). Pengembangan e-Comic Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 13(2), 576-595.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/61080
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Betti Triwarsana, Wandra Irvandi, Nurmaningsih Nurmaningsih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.