PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.273Kata Kunci:
Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Berbasis Proyek, Quizizz, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika yang disebabkan oleh penerapan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif serta belum optimalnya penggunaan media pembelajaran digital interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL berbantuan Quizizz dan kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat Gap pada kurangnya integrasi antara pembelajaran berbasis proyek dengan media digital yang interaktif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model PjBL berbantuan Quizizz dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional. Penerapan model PjBL yang menekankan pada pemecahan masalah nyata, ditambah dengan fitur gamifikasi dari aplikasi Quizizz, meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika peserta didik. Peneliti menyimpulkan bahwa integrasi antara model PjBL dan Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan dapat menjadi alternatif pembelajaran inovatif di sekolah dasar.
Referensi
Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: The Students’ Perspectives. Proceedings of the 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC), 202–211.
Bell, S. (2019). Project-based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. Bethesda: Education Week.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Science. US: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Dianawati, E. P. (2022). Project Based Learning (PjBL): Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini. Praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Krajcik, J., & Blumenfeld, P. (2016). Project-Based Learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences. Cambridge: Cambridge University Press.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Purwaningsih, A., Wahyudi, W., & Salimi, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Satuan Waktu Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). Retrieved from https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.76807
Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279.
Puspita, V., & Al Husna, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas III SDN 19 Pasar Ambacang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 5(1), 52–57. https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.207
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2019). Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 142–153.
Setyani, U., Nugroho, I. R., Jumadi, J., Suyanta, S., & Wilujeng, I. (2024). Development of the PjBL Model Science E-Book to Improve Creative Thinking Skills of Middle School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1032–1038.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731.
Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya membangun kemandirian berpikir melalui penelitian pembelajaran. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNSWAGATI, 6.
Thomas, J. W. (2020). A Review of Research on Project-based Learning. California: The Autodesk Foundation.
Wahyuddin, W., Satriani, S., Rusdin, N. Q., & Nurwidiani, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(2), 85–90. Retrieved from https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3738
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anisa Nurjanah, Siti Maryam Rohimah, Beni Yusepa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.