PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Diana Rosiyati Mahasiswa
  • Risa Erviana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Anisa'ul Fadilla UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ummu Sholihah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Musrikah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.270

Kata Kunci:

Deep Learning, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran

Abstrak

Kurikulum memainkan peran penting dalam perkembangan pendidikan suatu negara, dari konseptualisasi hingga pelaksanaan dan praktik di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan. Kurikulum merdeka menawarkan banyak kesempatan pembelajaran, memberikan kebebasan bagi guru dan siswa untuk mengeksplorasi materi ajar secara menarik dan memusatkan perhatian pada pokok bahasan yang penting serta mengembangkan karakter siswa. Sejalan dengan pendekatan deep learning yang memungkinkan siswa untuk belajar aktif dan menyenangkan sehingga membantu meningkatkan kemampuan inti siswa. Dalam proses pembelajaran matematika mengarahkan siswa agar memiliki kemampuan secara kritis dan kreatif. Proses belajar ini berkaitan dengan partisipasi siswa secara langsung dengan lingkungan pembelajarannya. Dari perspektif itu, kurikulum merdeka berhubungan dengan pendekatan deep learning yang menjadi rencana pembelajaran saat ini dengan tujuan yang sama. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan deep learning dalam kerangka kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literature mengkaji beberapa artikel. Hasil penelitian ini Pendekatan deep learning memperkuat Kurikulum Merdeka dengan tujuan yang sejalan, yaitu menciptakan pembelajaran yang kontekstual, relevan, dan bermakna. Pendekatan ini terbukti meningkatkan efektivitas asesmen dan kompetensi siswa, terutama dalam pendidikan matematika, dengan menekankan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterlibatan aktif. Meskipun bukan pengganti Kurikulum Merdeka, deep learning merupakan pendalaman dari prinsip-prinsipnya. Implementasinya memerlukan perencanaan matang, pelatihan guru, infrastruktur, dan dukungan kebijakan.

Referensi

Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Retorika, 5(1).

Agyeman, N. Y. B. (2024). Deep learning in high schools: Exploring pedagogical approaches for transformative education. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 24(2). https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.71350

Ahmad, D. N., Sanjayanti, A., & Setyowati, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran SAINS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1677–1693. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1322

Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229–3236.

Alhammadi, S. (2021). The Effect of the COVID-19 Pandemic on Learning Quality and Practices in Higher Education—Using Deep and Surface Approaches. Education Sciences, 11(9), 462. https://doi.org/10.3390/educsci11090462

Alruwais, N. M., & Zakariah, M. (2024). Student Recognition and Activity Monitoring in E-Classes Using Deep Learning in Higher Education. IEEE Access, 12, 66110–66128. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3354981

Daimah, U. S., & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren, 4. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888

Darmawan, D., & Winataputra, U. S. (2020). Analisis dan Perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, 4(2), 182–197.

Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953

Dwi, F. E., & Lauchia, R. (2024). Peran Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4).

Elbashbishy, M., & Eman. (2024). Deep Learning in Education. Sustainability Education Globe, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.21608/seg.2024.269380.1000

Feriyanto, F., & Anjariyah, D. (2024). Deep Learning Approach Through Meaningful, Mindful, and Joyful Learning: A Library Research. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 5(2). https://doi.org/10.33122/ejeset.v5i2.321

Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507

Gifari, M. K., Gunadi, R. A., & Dewi, R. (2025). Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning di PAUD: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 284–296.

Girsang, M. K., & Rahayu, C. (2025). Bagaimana Pengimplementasian Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Belajar Matematika: Studi Literatur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 497–507.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Ilma, W. N., Salisa, S. E., Rizqiyanto, Y. A., & Fahmy, A. F. R. (2023). Kurikulum Merdeka: Merespon Tantangan Global di Era Digital. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 682–694.

Jauzaa, R. M., Nurmitasari, N., & Cahyadi, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika. Eksponen, 14(1), 40–47. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1017

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1). https://doi.org/10.15294/jpk.v9i1.43123

Munawar, M. A. R. A., Azyan, N. I., Aurelia, S., Indriani, S., & Hadiapurwa, A. (2025). Teachers’ views on optimizing Kurikulum Merdeka in SMK Kencana accounting department. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1).

Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 848–871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781

Muvid, M. B. (2024). Menelaah Wacana Kurikulum Deep Learning: Urgensi dan Peranannya Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Edu Aksara: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 80–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.14403663

Mystakidis, S., Berki, E., & Valtanen, J.-P. (2021). Deep and Meaningful E-Learning with Social Virtual Reality Environments in Higher Education: A Systematic Literature Review. Applied Sciences, 11(5), 2412. https://doi.org/10.3390/app11052412

Natsir, S. R. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif Pendekatan Deep Learning Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 7263–7274.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Pasaribu, A., & Saragih, O. (2025). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran PAK. Sabar: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Katolik, 2(1), 168–179. https://doi.org/10.61132/sabar.v2i1.519

Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman, S. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 10(1). https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21407

Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Conference of Elementary Studies (CES). https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/ view/19736

Sari, A. W., & Arta, D. J. (2025). Implementasi Deep Learning: Suatu Inovasi Pendidikan. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 13(01).

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2). https://doi.org/10.61476/186hvh28

Tuerah, R. M. S., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.528/zenodo.10047903

Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan Pendidik sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.350

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324

Wathon, A. (2024a). Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Deep Learning. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar, 4(6), 1280–1300. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i6.4442

Wathon, A. (2024b). Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Deep Learning. ARZUSIN, 4(6), 1280–1300. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i6.4442

Zafirah, A., Gistituati, N., Bentri, A., Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2024). Studi Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika: Literature Review. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 276–304. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2210

Zainuri, A. (2018). Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I. Turnitin Buku “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan”—Repository UIN Raden Fatah Palembang. https://repository.radenfatah.ac.id/6102/

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Rosiyati, D., Erviana, R., Fadilla, A., Sholihah, U., & Musrikah. (2025). PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 131–143. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.270

Terbitan

Bagian

Artikel