PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.270Kata Kunci:
Deep Learning, Kurikulum Merdeka, PembelajaranAbstrak
Kurikulum memainkan peran penting dalam perkembangan pendidikan suatu negara, dari konseptualisasi hingga pelaksanaan dan praktik di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan. Kurikulum merdeka menawarkan banyak kesempatan pembelajaran, memberikan kebebasan bagi guru dan siswa untuk mengeksplorasi materi ajar secara menarik dan memusatkan perhatian pada pokok bahasan yang penting serta mengembangkan karakter siswa. Sejalan dengan pendekatan deep learning yang memungkinkan siswa untuk belajar aktif dan menyenangkan sehingga membantu meningkatkan kemampuan inti siswa. Dalam proses pembelajaran matematika mengarahkan siswa agar memiliki kemampuan secara kritis dan kreatif. Proses belajar ini berkaitan dengan partisipasi siswa secara langsung dengan lingkungan pembelajarannya. Dari perspektif itu, kurikulum merdeka berhubungan dengan pendekatan deep learning yang menjadi rencana pembelajaran saat ini dengan tujuan yang sama. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan deep learning dalam kerangka kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literature mengkaji beberapa artikel. Hasil penelitian ini Pendekatan deep learning memperkuat Kurikulum Merdeka dengan tujuan yang sejalan, yaitu menciptakan pembelajaran yang kontekstual, relevan, dan bermakna. Pendekatan ini terbukti meningkatkan efektivitas asesmen dan kompetensi siswa, terutama dalam pendidikan matematika, dengan menekankan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterlibatan aktif. Meskipun bukan pengganti Kurikulum Merdeka, deep learning merupakan pendalaman dari prinsip-prinsipnya. Implementasinya memerlukan perencanaan matang, pelatihan guru, infrastruktur, dan dukungan kebijakan.
Referensi
Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Retorika, 5(1).
Agyeman, N. Y. B. (2024). Deep learning in high schools: Exploring pedagogical approaches for transformative education. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 24(2). https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.71350
Ahmad, D. N., Sanjayanti, A., & Setyowati, L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran SAINS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1677–1693. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1322
Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229–3236.
Alhammadi, S. (2021). The Effect of the COVID-19 Pandemic on Learning Quality and Practices in Higher Education—Using Deep and Surface Approaches. Education Sciences, 11(9), 462. https://doi.org/10.3390/educsci11090462
Alruwais, N. M., & Zakariah, M. (2024). Student Recognition and Activity Monitoring in E-Classes Using Deep Learning in Higher Education. IEEE Access, 12, 66110–66128. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3354981
Daimah, U. S., & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren, 4. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888
Darmawan, D., & Winataputra, U. S. (2020). Analisis dan Perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, 4(2), 182–197.
Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953
Dwi, F. E., & Lauchia, R. (2024). Peran Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4).
Elbashbishy, M., & Eman. (2024). Deep Learning in Education. Sustainability Education Globe, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.21608/seg.2024.269380.1000
Feriyanto, F., & Anjariyah, D. (2024). Deep Learning Approach Through Meaningful, Mindful, and Joyful Learning: A Library Research. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 5(2). https://doi.org/10.33122/ejeset.v5i2.321
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Gifari, M. K., Gunadi, R. A., & Dewi, R. (2025). Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning di PAUD: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 284–296.
Girsang, M. K., & Rahayu, C. (2025). Bagaimana Pengimplementasian Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Belajar Matematika: Studi Literatur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 497–507.
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Ilma, W. N., Salisa, S. E., Rizqiyanto, Y. A., & Fahmy, A. F. R. (2023). Kurikulum Merdeka: Merespon Tantangan Global di Era Digital. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 682–694.
Jauzaa, R. M., Nurmitasari, N., & Cahyadi, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika. Eksponen, 14(1), 40–47. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1017
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1). https://doi.org/10.15294/jpk.v9i1.43123
Munawar, M. A. R. A., Azyan, N. I., Aurelia, S., Indriani, S., & Hadiapurwa, A. (2025). Teachers’ views on optimizing Kurikulum Merdeka in SMK Kencana accounting department. Hipkin Journal of Educational Research, 2(1).
Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 848–871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781
Muvid, M. B. (2024). Menelaah Wacana Kurikulum Deep Learning: Urgensi dan Peranannya Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Edu Aksara: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 80–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.14403663
Mystakidis, S., Berki, E., & Valtanen, J.-P. (2021). Deep and Meaningful E-Learning with Social Virtual Reality Environments in Higher Education: A Systematic Literature Review. Applied Sciences, 11(5), 2412. https://doi.org/10.3390/app11052412
Natsir, S. R. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif Pendekatan Deep Learning Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 7263–7274.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Pasaribu, A., & Saragih, O. (2025). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran PAK. Sabar: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Katolik, 2(1), 168–179. https://doi.org/10.61132/sabar.v2i1.519
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman, S. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 10(1). https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21407
Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Conference of Elementary Studies (CES). https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/ view/19736
Sari, A. W., & Arta, D. J. (2025). Implementasi Deep Learning: Suatu Inovasi Pendidikan. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 13(01).
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2). https://doi.org/10.61476/186hvh28
Tuerah, R. M. S., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.528/zenodo.10047903
Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan Pendidik sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.350
Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324
Wathon, A. (2024a). Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Deep Learning. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar, 4(6), 1280–1300. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i6.4442
Wathon, A. (2024b). Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Deep Learning. ARZUSIN, 4(6), 1280–1300. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i6.4442
Zafirah, A., Gistituati, N., Bentri, A., Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2024). Studi Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika: Literature Review. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 276–304. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2210
Zainuri, A. (2018). Dr. Ahmad Zainuri, M.Pd.I. Turnitin Buku “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan”—Repository UIN Raden Fatah Palembang. https://repository.radenfatah.ac.id/6102/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Diana Rosiyati, Risa Erviana, Anisa'ul Fadilla, Ummu Sholihah, Musrikah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.