IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.262Kata Kunci:
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran Kolaboratif, Statistika Kelas XIAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan berpikir kritis sebagai kompetensi yang esensial, namun kerap menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi statistika yang memerlukan penalaran kompleks. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis implementasi metode pembelajaran kolaboratif dan efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi statistika. Menggunakan desain kuasi-eksperimen pretest-posttest control, penelitian ini melibatkan 30 siswa dari dua kelas XI di MA. Fatahillah. Data dikumpulkan melalui tes esai terstandar dan observasi proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran kolaboratif dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran yang mendorong interaksi, diskusi, dan pemecahan masalah bersama dalam metode kolaboratif secara efektif menstimulasi dan mengembangkan kemampuan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, serta mensintesis informasi statistika secara kritis.
Referensi
Aura Yolanda, Masnur Sihotang, Joner Alfin Zebua, Mita Hutasoit, and Yeni Lupitasari Sinaga. 2024. “Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar.” Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan 2(3): 301–8. doi:10.61132/pragmatik.v2i3.941.
Bahurudeen, Riyasdeen Syed. 2025. Contemporary Techniques in Math Education.
Fauziah, Farah. 2021. “683-Article Text-2899-2-10-20211119.” Farah fauziah 1(3): 226–32.
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Harun Puling, Efiana Manilang, and Mozes Lawalata. 2024. “Logika Dan Berpikir Kritis : Hubungan Dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 2(2): 2–2.
Judijanto, Loso. 2024. “Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru Dan Siswa Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Era Digital Di Indonesia.” Sanskara Pendidikan dan Pengajaran 2(02): 50–60. doi:10.58812/spp.v2i02.391.
Kasi, Rades. 2022. “Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa.” Jurnal Pembelajaran 1(1): 1–12.
Khan, Rameeza, Masarrat Khan, Rameeza A Khan -B F, R Khan, and M Khan. 2021. “Concrete-Representational-Abstract and Multisensory Strategies: An Inclusive Approach to Mathematics.” Asia Pacific Journal of Developmental Differences 8(2): 286–301. doi:10.3850/S2345734121000139.
Musa’ad, Faida, Rizky Ekawaty Ahmad, Sundari Sundari, and Hidayani Hidayani. 2024. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8(2): 1481–87. doi:10.31004/cendekia.v8i2.3361.
Rahmadani, Putri Novia, Riyan Arthur, and Arris Maulana. 2023. “Integrasi Konsep Literasi Vokasional Untuk Mengembangkan Berpikir Kritis Pada Siswa SMK: Sebuah Kajian Pustaka.” Jurnal Pendidikan West Science 1(12): 817–26. doi:10.58812/jpdws.v1i12.859.
Rasyidi, Ahyar. 2024. “Islamic Education Review Pendidikan Agama Islam Dan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Pengembang Pemahaman Serta Pengamalan Ajaran Islam Kehidupan Sehari-Hari Vol 1 , No 1 , Juni 2024 , ISSN XXXX-XXXX.” 1(1): 1–21.
Ray, Swati, Joyati Das, Ranjana Pande, and A Nithya. 2024. “Swati Ray 1 , Joyati Das 2* , Ranjana Pande 3 , and A. Nithya 2.” 4(3): 195–222. doi:10.1201/9781032622408-13.
Rezky, Maskanur, Erry Hidayanto, and I Nengah Parta. 2022. “Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(2): 1548. doi:10.24127/ajpm.v11i2.4879.
Sachdeva, Shipra. 2021. “Learners ’ Critical Thinking About Learning Mathematics.” 16(3).
Sarifah, Fatikhatus, and Tutut Nurita. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi.” Pendidikan Sains 11(1): 22–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46474.
Studi, Program, Pendidikan Agama, and Program Pascasarjana. 2024. “Keterampilan Interpersonal Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif Di Smpn 04 Rejang Lebong.”
Tasya, Elisya Laesya. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematis Siswa.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (11180170000052): 1–23. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/67038.
Ummu Sa’adah. 2024. “Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Bilangan Cacah.” Ummu Sa’adah.
Wayudi, Mauliana, Suwatno Suwatno, and Budi Santoso. 2020. “Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 5(1): 67–82. doi:10.17509/jpm.v5i1.25853.
Zuhdi Hadiono. 2021. “Kegiatan Belajar Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sma Negeri I Sungailiat.” TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 2(1): 11–48. doi:10.36312/teacher.v2i1.347.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Umar Hamdan, Nur Wiji Sholikin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.