PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT DENGAN GPT AI SEBAGAI ALAT BANTU

Penulis

  • Yohana Loisa Buton Universitas Flores
  • Beatrix Florentina Liarian Universitas Flores
  • Rofina Anjelina Teti Universitas Flores
  • Maria Florida Dhato Universitas Flores
  • Febryanti Malan Sewo Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.256

Kata Kunci:

Chat GPT, Kecerdasan Buatan, Motivasi Siswa, Pembelajaran Matematika, Rancangan Kuasi Eksperimen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas penggunaan kecerdasan buatan Generative Pre-trained Transformer (GPT), khususnya Chat GPT, dalam pembelajaran matematika di SMA Swasta Adhyaksa Ende, demi mengatasi masalah rendahnya prestasi dan motivasi belajar siswa akibat pendekatan pembelajaran yang masih konvensional dan terpusat pada guru. Menggunakan desain quasi-eksperimental, penelitian ini melibatkan delapan siswa kelas XI yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, di mana kelompok eksperimen belajar menggunakan GPT AI sebagai alat bantu belajar. Penelitian ini turut mengisi kesenjangan pada studi-studi sebelumnya, karena masih jarang terjadi penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada pembelajaran di SMA Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisa menggunakan uji-t dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar dan motivasi siswa setelah menggunakan GPT AI, Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil posttest dan pretest siswa. Hipotesis nol (H₀) tidak diterima dan hipotesis alternatif (H₁) diterima.ditandai dengan naiknya rata-rata nilai dari 65 menjadi 91,25 dan menurunnya variasi atau kesenjangan nilai. Penelitian ini menunjukkan bahwa GPT AI dapat meningkatkan bukan hanya pemahaman individu, tetapi juga pemerataan hasil belajar.

Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi kecerdasan buatan merupakan solusi inovatif dan menjanjikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, dan menyarankan implementasi yang lebih luas di sekolah-sekolah lain.

Referensi

Almarashdi, H. S., Jarrah, A. M., & Khurma, O. A. (2024). Unveiling the potential : A systematic review of ChatGPT in transforming mathematics teaching and learning. 20(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/15739

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.

Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.

Chen, L., & Chen, P. (2020). Artificial Intelligence in Education : A Review. 8. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. 5(1), 456–463. faiz dan ku4rniawaty4779-16118-1-PB.pdf

Jumrah, J. (2025). Exploring Numeracy Games as an Ice-Breaking Strategy: Impact on Mathematics Learning Achievements. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 813-826.

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Muhardi, M., Jumrah, J., & Harnipa, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Demonstrasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 123-136.

Murcahyanto, H. (2023). Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika Penerapan Media Chat GPT pada Pembelajaran Manajemen Pendidikan terhadap Kemandirian Mahasiswa. 7(1), 115–122. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Kamayani, M. (2023). PEMANFAATAN CHATGPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN. 9(1), 25–30. fitri dkk PEMANFAATAN_CHAT_GPT_DALAM_DUNIA_PENDIDIKAN.pdf

Setiawan, J., Sari, N. D., & Istiyawati, Y. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa di SMP Insan Rabbany The Utilization of Artificial Intelligence in Mathematics Learning for Students at Insan Rabbany Junior High School Program Studi Teknik Eletro , Universita. 2(4). https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i4.882

Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.

Tenhundfeld, N. L. (2023). Two Birds With One Stone : Writing a Paper Entitled " ChatGPT as a Tool for Studying Human-AI Interaction in the Wild " with ChatGPT Two Birds With One Stone : Writing a Paper Entitled “ ChatGPT as a Tool for Studying Human-AI Interaction in the Wild ” wi. February. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25319.73123

Wardat, Y. (2023). ChatGPT : A revolutionary tool for teaching and learning mathematics. 19(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/13272

Zhang, Y., Pei, H., Zhen, S., Li, Q., & Liang, F. (2023). Gastroenterology & Endoscopy Chat Generative Pre-Trained Transformer ( ChatGPT ) usage in healthcare. Gastroenterology & Endoscopy, 1(3), 139–143. https://doi.org/10.1016/j.gande.2023.07.002

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-06

Cara Mengutip

Buton, Y. L., Liarian, B. F. . ., Teti, R. A. . ., Dhato, M. F. ., & Sewo, F. M. . (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT DENGAN GPT AI SEBAGAI ALAT BANTU . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.256

Terbitan

Bagian

Artikel