EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DAN PENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.250Kata Kunci:
Efektivitas, Google Classroom, Interaksi Siswa Dan Guru, LMS, Pembelajaran DaringAbstrak
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam dunia pendidikan, salah satunya melaui Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran daring sekaligus mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan interaksi antara siswa dan guru di SMA Negeri 1 Nangapanda. Metode yang digunakan adalah mixed methods, yaitu gabungan pendekatan kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS, sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa dan satu orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classroom memiliki tingkat efektivitas yang tinggi, dengan skor rata-rata 44,00 dan persentase efektivitas sebesar 84% serta tingkat interaksi antara siswa dan guru yang juga tinggi, yaitu 86%. Temuan ini menunjukkan bahwa google classroom tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran digital, tetapi juga mampu memperkuat keterlibatan antara guru dan siswa. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam optimalisasi pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan interaksi di masa mendatang.
Referensi
Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.
Cikalahang, M. A., Dukupuntang, K., Cirebon, K., Gumilar, A., & Nurizzati, Y. (2024). PENGARUH MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ( LMS ) GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA siswa dengan guru dalam memahami materi secara online , melakukan diskusi chat , melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau daring ( Mashuri Chamdan , et al . 21(02), 60–70.
Didik, P., Mata, D., Fisika, P., Sma, D. I., & Tampubolon, D. (2021). P-46 Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siborongborong the Effectiveness of Using Google Classroom As an Online Learning Medium on Student Learning Outcomes in Physics Subjects At Sma N 1 Sibor.
Irawan, D., & Setiawan, Y. (2021). Analisis Interaksi Pembelajaran Online Siswa dan Guru Melalui Google Classroom: English for Learner. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1167
Jumrah, J. (2025). Exploring Numeracy Games as an Ice-Breaking Strategy: Impact on Mathematics Learning Achievements. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 813-826.
Karim, B., Kholis, N., Munoto, M., & Ismayati, E. (2021). Keefektifan Penggunaan Google Classroom Dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 61–67. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p61-67
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Survei pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ): minimnya interaksi langsung antara guru dan siswa. KPAI.
Munasiah, M., Lin Suciani Astuti, & Risma Nurul Auliya. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 31–40. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3090
Oliver Wyman & Kemendikbudristek. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemendikbudristek. https://static.skm.kemdikbud.go.id/announcements/28942fb9-334d-4fb5-9ce2-56f7ddce4d48-Indonesias-K-12-Education-Quality-Improvement-Bahasa-05122023
Rahmawati. (2022). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Learning Management System (LMS) Di Universitas Teknologi Digital. Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 4(2), 22–23. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/index
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 727–741. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39243
Siswa, I., Guru, D. A. N., Pembelajaran, D., Sinkron, D., & Sekolah, D. I. (2022). Maulana Noor Fajri Al Hajar, 2022 INTERAKSI SISWA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SINKRON DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Sudrajat, Y., Ramdani, I., & Arisandi, F. (2023). Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. 3(1), 170–181. https://classroom.google.com
UNESCO. (2021). Education: From COVID 19 school closures to recovery. UNESCO. Diakses dari https://www.unesco.org/en/covid-19/education-response
Winda, W. N. F., & Aninditya, A. S. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Peserta Didik Kelas 6 Sd Negeri Jarakan Di Masa Pandemi Covid-19. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 120–134. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.108
Yahzanuna, A. U. W., Adib, K. R., & Wiradimadja, A. (2022). Pola interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh mata pelajaran ips masa pandemi covid-19. EDUEKSOS: The Journal of Social and Economics Education, XI(1), 45–54. http://repository.um.ac.id/201925/
Zariayufa, K., Cahyadi, S., & Witriani, W. (2021). Keterlibatan Siswa SMK dalam Pembelajaran Jarak Jauh dan Dukungan Akademik: Sudut Pandang Guru. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(3), 237. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i3.5376
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Paulina Masliani Gobang, Maria Restina Repe, Kartika Chandra Kirana Mandona, Yuliana Daka Kendo Kendo, Novita Sari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.