ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL KUBUS: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG

Penulis

  • Marwa Khaerunnisa Universitas Negeri Medan
  • Nazwa Mutia Syafitri Universitas Negeri Medan
  • KMS Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.247

Kata Kunci:

Analisis Kesalahan, Geometri, Kubus, Pemecahan Masalah, Prosedur Newman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMP dalam menyelesaikan soal geometri khususnya pada materi kubus. Fokus utama penelitian adalah mengidentifikasi bagian-bagian yang menjadi sumber kesalahan dalam proses pembelajaran matematika. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep ruang dimensi tiga yang berdampak pada rendahnya kemampuan menyelesaikan soal dengan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal deskriptif yang menguji pemahaman siswa terhadap konsep dan aplikasi kubus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan prosedur Newman yang meliputi lima tahap yaitu: Membaca, Memahami, Transformasi, Keterampilan Proses, dan Menulis Jawaban Akhir. Hasil analisis menunjukkan tidak ditemukan kesalahan pada tahap membaca. Akan tetapi, kesalahan terjadi pada tahap memahami (16,64%), transformasi (13,9%), keterampilan proses (17,96%), dan menulis jawaban akhir (11,96%). Temuan tersebut menunjukkan bahwa siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan informasi matematika dan menerapkan langkah-langkah penyelesaian yang tepat. Oleh karena itu, disarankan agar para pendidik menerapkan strategi pembelajaran yang lebih terarah, seperti Terapi Pembelajaran, untuk meningkatkan keterampilan berpikir matematika dan mengurangi tingkat kesalahan siswa secara signifikan

Referensi

Amalia, R. (2023). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT PADA MATA KULIAH GEOMETRI. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 269–275. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i2.16113

Anas, N. (2024). MUDAH BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT: Pembelajaran Dimensi Tiga Kubus dan Balok (N. D. Astuti & A. Hapsan, Eds.). CV. Ruang Tentor.

Dwita, A., & Sugiman. (2021). ANALISIS KESALAHAN-KESALAHAN SISWA DALAM TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI PECAHAN BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 758–765. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3462

Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826

Firdaus. (2021). Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Bidang Datar. Publikasi Pendidikan, 11, 242–250. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 487–498. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Hajizah, M. N., & Salsabila, E. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometi Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749

Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (2023). Buku Pelajaran Matematika Umum SMA untuk Kelas XII (M. Hidayat & Miskadi, Eds.). Penerbit P4I.

Ismiasih, N. (2023). Analisis kesalahan Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui tahap Newman. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 109–116. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2698

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). 14.+Ramadoni+_+Nurul+OK+(147-158). Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Tias, A. A., & Ismail, I. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika SPLTV Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 12(2), 359–371. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n2.p359-371

Trimurtini, T., Waluya, S. B., Sukestiyarno, Y. L., & Kharisudin, I. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Proses Berpikir Geometris Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-04

Cara Mengutip

Khaerunnisa, M., Syafitri, N. M. ., & Fauzi, K. M. A. . (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL KUBUS: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 246–256. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.247

Terbitan

Bagian

Artikel