PENGEMBANGAN FLIPBOOK ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA SEMARANG UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN

Penulis

  • Diva Kirana Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Witanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.244

Kata Kunci:

Etnomatematika, Flipbook, Pecahan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji kelayakan dan keefektifan flipbook etnomatematika berbasis budaya Semarang untuk siswa kelas V SD pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, kemampuan matematika sangat penting. Di sisi lain, pengetahuan tentang budaya juga diperlukan agar jati diri bangsa tetap terjaga. Salah satu cara untuk mengintegrasikan keduanya dalam pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media belajar etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang meliputi tahap planning (merencanakan), producing (memproduksi), dan evaluation (mengevaluasi). Melalui langkah-langkah tersebut, penelitian ini berhasil mengembangkan flipbook etnomatematika berbasis Budaya Semarang yang dinilai sangat layak oleh ahli materi (91,25%) dan ahli media (85%). Selain itu, media ini juga mendapat respons positif oleh siswa yang menggunakannya. Berdasarkan pretest dan posttest, rata-rata hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat sebesar 18,5, sementara peningkatan pengetahuan tentang budaya Semarang mencapai 25,88. Meskipun demikian, hasil N-Gain pada materi matematika hanya sebesar 0,274 (kategori tidak efektif), sedangkan untuk pengetahuan budaya sebesar 0,586 (kategori cukup efektif). Dengan demikian, media ini dinilai layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan budaya, meskipun belum terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Referensi

Amirah, A., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(1), 311–319. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p311-319

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Sinasis: Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

D’Ambrosio, U. (2016). An Overview of the History of Ethnomathematics. In Current and future perspectives of ethnomathematics as a program. ICME-13, Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, 5–10. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4

Dr.Abasi, A. U., & Dr.George, I. G. (2025). Ethnomathematics and Students’ Interest, Attitude and Academic Performance in Mathematics in Mkpat Enin Local Government Area, Akwa Ibom State, Nigeria. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), IX(IIIS), 2430–2444. https://doi.org/10.47772/IJRISS.2025.903SEDU0189

Fatimah, S., Fajriyah, R. Z., Zahra, F. F., & Prasetyo, S. (2024). INTEGRASI ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS KESENIAN TARI BUDAYA LAMPUNG. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1631–1640. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3721

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107

Laja, Y. P. W., & Ahzan, Z. N. (2023). Mudah Belajar Sistem Persamaan Linear dengan Bermakna. Bintang Semesta Media.

Muyassaroh, I., & Dewi, P. (2021). Etnomatematika: Strategi Melahirkan Generasi Literat Matematika Melalui Budaya Lokal Yogyakarta. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i01.810

Najib, M. B. A., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 29–34.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Permatasari, K. G. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.

Ramadhani, A., St.Nurul Mutmainna, Mirnawati, & Irmayanti. (2023). Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 53–68. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.16

Rawani, D., & Fitra, D. (2022). Etnomatematika : Keterkaitan Budaya dan Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 114–121. https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.433

Santia, E., & Nurmayani. (2023). Bahan Ajar Flipbook Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 116–126. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46101

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Penerbit Alfabeta.

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook : Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL INDONESIA, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 33–42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2097

Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa, 11(1), 210–218. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p210-218

Waty, E., Maisaroh, S., Pangestuti, R., Veronica, R., Widiyastuti, N. E., Ismail, R., Yuliandhari, W. S., Sarifah, F., Sa’adianoor, Husnita, L., Ganiem, L. M., Anggraini, N., Leuwol, F. S., Patria, T. M., Ulfah, L., Abdullah, A., & Prisuna, B. F. (2023). KARYA TULIS ILMIAH (Teori & Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wigati, P., Nursangaji, A., Suratman, D., Yusmin, E., & Ahmad, D. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PENDEKATAN META-ANALISIS). Journal Numeracy, 10(2), 106–119.

Yayuk, E. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. UMM Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-02

Cara Mengutip

Kirana, D., & Witanto, Y. . (2025). PENGEMBANGAN FLIPBOOK ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA SEMARANG UNTUK PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 196–208. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.244

Terbitan

Bagian

Artikel