PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KODULAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.219Kata Kunci:
Berpikir Aljabar, Kodular, Media Pembelajaran DigitalAbstrak
kemampuan berpikir aljabar merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk menjawab tantangan abad 21. Namun, kemampuan berpikir aljabar peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor rendahnya kemampuan berpikir aljabar adalah keterbatasan media pembelajaran interaktif yang kontekstual dan representatif terhadap karakteristik siswa di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kodular yang dirancang secara khusus untuk memfasilitasi kemampuan berpikir aljabar siswa. Jenis penelitian ini yaitu Research & development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk diuji melalui validasi ahli, uji kepraktisan, serta keefektifan. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 peserta didik di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Gowa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dengan skor kevalidan rata-rata di atas 85%. Implementasi media memberikan hasil positif dengan nilai rata-rata respon guru 82,67% dan rata-rata respon siswa 73,56%, serta fektivitas sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis kodular yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan berpikir aljabar peserta didik tingkat SMA. Dengan demikian, pengembangan media digital berbasis Kodular menjadi solusi strategis dan inovatif dalam menjawab tantangan pendidikan modern, khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran aljabar di sekolah menengah.
Referensi
Ananda, C., Zalaf, Y. A., Sari, S. G., & Hatta, U. B. (2025). PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DISEKOLAH DASAR. Jurnal Studi Multidisipliner, 9(1), 60–64.
Azmi, N., Listari, N., Jannah, S. W., Fadli, A., & Nasrudin. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Android PIPA (Pintar IPA) Menggunakan Kodular pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan, 14(2), 631–639. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1630
Banerjee, A. V., Bhattacharjee, S., Chattopadhyay, R., Duflo, E., Ganimian, A. J., Rajah, K., & Spelke, E. S. (2025). Children’s arithmetic skills do not transfer between applied and academic mathematics. Nature, 639(March), 673–681. https://doi.org/10.1038/s41586-024-08502-w
Deviana, T., & Aini, D. F. N. (2022). Learning Progression Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 1285–1296. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2095
Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika PENDAHULUAN Di era modern ini , kolaborasi menjadi keterampilan krusial yang perlu dimiliki setiap individu . Bersama dengan ke. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 261–276. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.16341
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 403–413. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207
Hanifah, E. S., Hidayati, & J, N. (2024). Model dan Media Pembelajaran di Sekolah. 4(12), 4–9. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i12.2024.4
Johansson, H., & Kilhamn, C. (2024). From process to object in teachers’ introductory algebra discourse. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 55(8), 1814–1830. https://doi.org/10.1080/0020739X.2022.2075810
Kurniasih, T., Jaya, S., Suyidno, S., & Fahmi, F. (2024). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Peserta Didik Jenjang SMP. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 11(1), 40–45. https://doi.org/10.30738/natural.v11i1.16620
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Lestari, S. I., & Wahyuni, R. (2024). Analisis Berpikir Aljabar Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 34 Pekanbaru. JURNAL ILMU PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(1), 252–266.
Levin, M., & Walkoe, J. (2022). Seeds of algebraic thinking: a Knowledge in Pieces perspective on the development of algebraic thinking. ZDM - Mathematics Education, 54(6), 1303–1314. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01374-2
Majid, A. F., Baharuddin, Nursalam, Tayeb, T., Mattoliang, L. A., Kusumayanti, A., & Amin, B. (2024). DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY-BASED MATHEMATICS LEARNING MEDIA TO FACILITATE STUDENTS’ MATHEMATICAL COMPUTATIONAL THINKING SKILLS. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(2), 416–439. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n2a12
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., Susilawati, E., Proses, T., Etika, P., Mahasiswa, K., Perguruan, D., Khairul, T., 1✉, M., Uin, ), Yunus Batusangkar, M., Transportasi, P., & Bali, D. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan KompetensiMahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Maulana, R., Darip, M., & Permana, B. R. S. (2025). RANCANG BANGUN EDUFARM KIDZ SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SECARA DARING MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(3), 4547–4555.
Mujiono, A., & Rohman, Y. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Hiragana dan Katakana Berbasis Kodular Kana Tank. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i1.67206
Munandar, A., Nurholizah, S., Artika, D. T., Mahroja, S., Nurholizah, R., Anggraini, M., Rahmawati, I. S. N., Monika, S. A., Najwa, H., Adetya, A. F., Wiansyah, A., & Gustianda, A. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229
Munthe, R. T. I., & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). PRISMA, 11(2), 371–383. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2388
Nurgufriani, A., Asriyadin, Adiansha, A. A., & Fuadi, M. (2025). Pemanfaatan Media Digital dalam Model Fan-N-Pick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 295–302. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2543
Nurhaswinda, Hidayanti, E. N., Sari, A. P., Arini, D. W., & Natania, M. L. (2024). Kajian literatur mencakup konsep dasar, berpikir aljabar, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. CAHAYA PELITA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 1(1), 16–20.
Nurhayati, D., Rahmawati, D., & Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Kelas VII. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.731
Pambudi, G. A., Widada, W., Nirwana, N., & Herawaty, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Negeri 4 Seluma Bengkulu. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp13-22
Rahmawati, F., Kirana, A. R., & Partasiwi, N. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Lentera : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 295–302.
Ramadhani, A. R., Muhammada, M., & Ma’ruf, A. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Microsoft Teams Di SMKN 1 Purwosari. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 16(1), 20–31. https://doi.org/10.47498/tadib.v16i1.3007
Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
Razi Alfarisy, M., Okra, R., KhairuddinI, & Derta, S. (2023). Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Menggunakan Kodular. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 665–670. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6456
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
Robbani, H. (2024). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79–85. https://doi.org/10.62238/jupsijurnalpendidikansosialindonesia.v2i1.69
Saripudin, Bonok, Z., Wiranto, I., Abdussamad, S., Tansa, S., & Nasibu, I. Z. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Telekomunikasi Dengan Metode ADDIE Berbasis Digital. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 7(1), 100–105.
Stemele, B. P., & Jina Asvat, Z. (2024). Exploring Learner Errors and Misconceptions in Algebraic Expressions with Grade 9 Learners Through the use of Algebra Tiles. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 28(1), 153–170. https://doi.org/10.1080/18117295.2024.2334989
Windi Aprilia Asidik, Rusmining, & Sawitri, R. (2025). Pengembangan Media Komik Menggunakan Aplikasi Android Kodular Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(4), 279–292. https://doi.org/10.23960/mtk/v12i4.pp279-292
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nursalam, Muhammad Rizki, Rahma Rahima DB, Muthya Hanifa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















