PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI PELUANG UNTUK PESERTA DIDIK JENJANG SMA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.212Kata Kunci:
Andrioid, Digital, PeluangAbstrak
Perkembangan teknologi digital di era saat ini menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak seperti peluang dalam matematika. Kurangnya pemahaman konseptual serta rendahnya motivasi belajar siswa merupakan tantangan penting yang harus segera diatasi dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan kontekstual dengan pengalaman siswa. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Android pada materi peluang bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media pembelajaran dirancang menggunakan aplikasi Construct 2 dan MIT App Inventor untuk menghasilkan aplikasi interaktif yang kompatibel dengan perangkat Android. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X di MA Syekh Yusuf Gowa. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa media tersebut memenuhi kriteria validitas, sedangkan tanggapan siswa melalui angket menempatkan media ini dalam kategori praktis. Selain itu, hasil tes belajar mengindikasikan tingkat ketuntasan belajar mencapai 78,5%, yang masuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, media pembelajaran digital ini layak dijadikan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi peluang secara lebih menarik, fleksibel, dan mandiri.
Referensi
Amalia N. F., I., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162F. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762
Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–267.
Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fauyan, M. (2019). Pemanfaatan media interaktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(1), 56–64.
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353
Komalasari, D., & Darmasih, I. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 99–107.
Kumalasani, N. (2018). Keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 72–81.
Lestari, T., Wahyuni, E., & Nurjanah, S. (2019). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Edukasi Matematika, 10(2), 55–62.
Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan iSpring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61.
Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222–235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416
Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009–2018.
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang. Maju, 7(1).
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.
Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489
Syaharuddin, & Mandailina, V. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 1. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.1
Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Smp Kelas IX Developing Learning Materials Using PMRI Approach on Curved Side for Grade Ix of Junior High School. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(1), 60–67.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ahmad Farham Majid, nur wahidah, mirdayanti, nur azisah, muhammad sultan raswin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.