ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Tsabitah Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.194

Kata Kunci:

Kepercayaan Diri, Matematika, Pendidikan

Abstrak

Kepercayaan diri atau self-confidence merupakan keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri serta pandangan terhadap diri sebagai individu yang utuh berdasarkan konsep diri. Menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Negeri 236 Jakarta merupakan tujuan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah siswa telah memiliki kepercayaan diri, namun sebagian besar siswa masih kurang baik dalam kepercayaan dirinya. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, maka perlu ditingkatkannya rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran matematika.

Referensi

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Arofah, A. J., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 328–335.

Billfadawi, A. H. (2023). Identikikasii Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri Di Sdn X Batusangkar. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.7797

Dewi, D. M., Supriyo, & Suharso. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4), 9–16. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424

Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Pengaruh self-confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89-95.

Kurniawan, L., & Munandar, D. R. (2024). Analisis Kepercayaan Diri Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 255–263. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14901

Lestari, karunia E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika: panduan praktis menyusun skrupsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi disertai dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis (3rd ed.). Refika Aditama.

Lubis, C. M., Rajagukguk, W., & Fauzi, K. M. A. (2019). Perbedaan Self Confidence Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–6.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Prihastiwi, N. (2023). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bantarsari Kabupaten Cilacap. UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

Sari, E. P., & Purwaningsih, S. M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, 6(3), 79–87.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Valerina, R., & Abadi, A. P. (2023). Analisis Self-Confidence Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5876

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-03

Cara Mengutip

Rahmawati, T., & Munandar, D. R. . (2025). ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 234–245. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.194

Terbitan

Bagian

Artikel