ANALISIS TINGKAT KECEMASAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Aisyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.191

Kata Kunci:

Kecemasan belajar, Pembelajaran matematika, Siswa SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan belajar matematika pada siswa SMP. Kecemasan matematika merupakan respons emosional negatif berupa rasa takut, gugup, dan tidak nyaman saat menghadapi pelajaran matematika, yang dapat mengganggu kinerja kognitif dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 41 siswa kelas VIII B dari salah satu SMP di Karawang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket non-tes yang terdiri dari 28 pernyataan yang mencakup tiga aspek kecemasan belajar, yaitu kognitif, afektif, dan fisiologis. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa, yaitu sekitar 35%, berada pada tingkat kecemasan sedang. Pada aspek kognitif, sebanyak 37% siswa mengalami kecemasan yang ditandai dengan kurangnya kepercayaan diri, kesulitan berkonsentrasi, dan rasa takut gagal. Aspek afektif menunjukkan 34% siswa merasa gugup, gelisah, dan kurang senang saat pembelajaran. Sementara pada aspek fisiologis, 33% siswa mengalami reaksi fisik seperti mual, berkeringat dingin, sakit kepala, dan jantung berdebar. Temuan ini menunjukkan bahwa kecemasan belajar matematika cukup umum dialami siswa dan perlu mendapatkan perhatian dalam proses pembelajaran.

Referensi

Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian ilmiah (kuantitatif) beserta paradigma, pendekatan, asumsi dasar, karakteristik, metode analisis data dan outputnya. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3.

Ameylia, T., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis kemampuan berpikir logis matematis ditinjau dari kecemasan matematika pada pembelajaran luring pasca pandemi. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 299–310. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13602

Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis tingkat kecemasan matematis siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 459–467.

Fatma, A., & Noviarni. (2022). Analisis kecemasan matematis siswa SMA/MA sederajat selama pembelajaran daring. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 29–36.

Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis kecemasan belajar siswa smp pada pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis tingkat kecemasan matematis siswa sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Irawan, D., Prayitno, S., Lu’luilmaknun, U., & Soeprianto, H. (2023). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS. Journal of Classroom Action Research, 5(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5970

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83.

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi literatur mengenai kecemasan matematis terhadap pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/2074

Lasdianto, J. R., Haerudin, & Abadi, A. P. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan kecemasan matematika (Mathematical problem solving ability of junior high school students based on math anxiety). Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.17

Mujahidah, S. N., & Khusna, H. (2023). Analisis kecemasan matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran luring pasca pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1345–1356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17977

Nuraeni, R., & Munandar, D. R. (2023). Analisis kecemasan matematis siswa smp terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 361–368. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. ProSANDIKA UNIKAL, 3(1), 352–360.

Santoso, E. (2021). Kecemasan Matematis: What and How? Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(1).

Sholichah, F. M. (2022). Diagnosis kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTS Bustanul Ulum Krai Lumajang. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-03

Cara Mengutip

Aisyah, & Galih Adirakasiwi, A. . (2025). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 226–233. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.191

Terbitan

Bagian

Artikel