PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.184Kata Kunci:
Buku Saku Digital, Pecahan, Pemahaman Konsep, STEMAbstrak
Kajian pengembangan ini bertujuan menciptakan buku saku digital berbasis STEM yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep materi pecahan siswa kelas 4 SDN 3 Mindahan. Model pengembangan yang digunakan ADDIE. Buku saku digital didesain menggunakan Canva dan diimplementasikan sebagai flipbook interaktif melalui Heyzine flipbook. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 20 peserta didik kelas 4 SDN 3 Mindahan. Validasi oleh ahli materi memperoleh skor 85% dan ahli media 82,5%, keduanya berkategori sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan respon siswa 92% dan respon guru 98%, keduanya berkategori sangat praktis. Uji efektivitas dengan paired sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan positif antar pretest dan posttest, menghasilkan nilai effect size -3,78. Ini mengindikasikan bahwa penerapan buku saku digital berkontribusi signifikan meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya pada materi pecahan. Dengan demikian, buku saku digital berbasis STEM materi pecahan efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD Negeri 3 Mindahan. Produk ini berpotensi menjadi alternatif sumber belajar inovatif dan menarik dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.
Referensi
Anita, Y., Thahir, A., & Dwi Rahmawati, N. (n.d.). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3), 401–412. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Hafila, Z. N., Hasbiyati, H., & Hikamah, S. R. (2023). Pengembangan Buku Digital Berbasis STEM materi Pencemaran Tanah Kelas VII SMPN2 Rambipuji. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 202–213. https://journal.unilak.ac.id/index.php/
Haikal, M. (2021). Panduan Praktik Analisis Data Kuantitatif dengan Jamovi. Universitas Islam Madura, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidiikan Biologi.
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Hasanah Huswatun, S. M. W. F. A. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang,. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3, 91–100. https://doi.org/doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1 (1), 28–37.
Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Indonesian Journal of Primary Education Development of Light Box 3D Learning Media for Teaching the Properties of Light in Grade V IPAS Subjects at Elementary Schools. © 2024-Indonesian Journal of Primary Education, 8(2), 165–176. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/
Khamidah, A., Khoir, N., Yulia, T., & Artikel, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang. In Jurnal Lingkup Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 1).
Komarudin, Dwi Utari, I., Farida, & Suherman. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JPEM: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3221
Lestari, I. (2018). Pengambangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahamn Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01, 2620–2956.
Maarang, M., Khotimah, N., & Maria Lily, N. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2019). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 298–302. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nuriah, Z., Hasbiyati, H., & Nurjanah, U. (2024). Pengembangan Multimedia Buku Digital Berbasis Stem Pada Materi Pencemaran Air. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 685–692. https://doi.org/10.29100/.v6i2.4507
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Putri, M., Syam, S. S., & Chandra, C. (2025). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Pecahan. 43–54. https://doi.org/10.62383/pentagon.v3i2.488
Ratau, A., Bugis, H., Wagola, W. N., Hukom, J., Maluku, U. M., & Makassar, U. N. (n.d.). Development of Interactive Mathematics E-Modules Based on Local Issues with a Personalized Approach to Facilitate Junior High School Students’ Computational Thinking Skills. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 7, Issue 1).
Rosdiana, R., Raupu, S., & Hilma, H. (2022). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1818. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5664
Salsabila, N., Khaleda Nurmeta, I., Maula, L. H., Fkip, P., & Sukabumi, U. M. (2023). Pengembangan E-MODUL Trhadap Kemampuan Olah Tubuh Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1585–1595.
Sukarelawa, M. I., Pd, M., Toni, K., Indratno, M., Pd, S., Suci, M., Ayu, S., & Km, M. P. H. (2024). N-Gain vs Stacking.
Tambunan, L. R., & Sundari, E. (2020). Pengembangan buku digital pada materi persamaan garis singgung lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1184.
Widiyono, A., Minardi, J., & Nuraini, L. (2022). Pengembangan Diology Water Cycle Dalam Memperkuat Profil Pelajar pancasila Di Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 131–138. https://doi.org/10.31764
Wulandari, I., Nasution, M. D., & Amri, Z. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics pada Materi Perbandingan Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1635–1646. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2446
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Laily Rif'ati, Aan Widiyono , Muhammad Alie Muzakki

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.