PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.172Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bulurejo, dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan total 42 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata nilai posttest eksperimen lebih tinggi dibandingkan kontrol, yaitu 80,06 > 70,63; (2) adanya pengaruh signifikan model discovery learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar peserta didik dengan Fhitung > Ftabel, yaitu 12,39 > 4,38; dan (3) peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui model tersebut mencapai 39,5% berdasarkan nilai R square. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning berbantuan video animasi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik secara efektif.
Referensi
Amiruddin Siahaan, dkk. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3645–3651.
Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., & Sartika, M. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 222–228.
As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76–85.
Asrinawati, A., Kayla Fatimah Zulfah, Selestina Rebacca Sihotang, Tafrijiyah Hasanah, & Ade Suryanda. (2024). Analisis Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 171–177. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i2.2399
Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2018). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 468. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Darmawan, E. W., & Suparman, S. (2019). Design of Mathematics Learning Media based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 20–28. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.7564
Dewayanti, A., Sri Suryanti, H. H., & Wicaksono, A. G. (2023). Analisis Video Animasi Inovatif dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Girimargo Miri Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sinektik, 4(2), 187–195. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6658
Mawardi, M., & Mariati, M. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 3 Sd Di Gugus Diponegoro - Tengaran. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 127–142. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p127-142
Mawati, Y. T., Muzakki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 39–59. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.357
Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–9.
Muslihudin, A. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.31949/jee.v2i1.1481
Mustika, S., Hajidin, & Elly, R. (2018). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 134–141.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: 222 hlm.
Putri, A. K., Setiawan, B., & ... (2022). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan …. Jurnal Education …, 10(3), 571–577. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4277%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/4277/2666
Sholinah, K., & Abidin, Z. (2020). Penigkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2063–2070. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.96
Siregar, S. D., Khairina, N., & Robin. (2019). The Development of HOTS-Based Physics Learning Media Application for Junior School. Jurnal Mantik, 4(3), 1688–1692. http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/882/595
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV.Alfabeta.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974
Yuniasih, N., Iswahyudi, D., & Ngailo, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran Tematik di SDN Bandungrejosari 3 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 6(November), 1–7.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Farida Julia Saputri, Sowiyah, Jody Setya Hermawan, Rapani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.