ANALISIS STATISTIK POLA BELAJAR BIGGS DAN HASIL BELAJAR METODE NUMERIK MAHASISWA INFORMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.171Kata Kunci:
analisis statistik, Hasil Belajar, Mahasiswa Informatika, Metode Numerik, Pola Belajar BiggsAbstrak
Mahasiswa informatika kerap mengalami kesulitan dalam memahami mata kuliah Metode Numerik sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah pola belajar yang digunakan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola belajar mahasiswa berdasarkan Teori Biggs (surface, deep, dan achieving) dengan hasil belajar Metode Numerik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket pola belajar Biggs dan nilai Metode Numerik dari 55 mahasiswa informatika yang dipilih secara convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson dan uji regresi linear sederhana yang diolah berbantuan software SPSS. Hasil menunjukkan bahwa pola belajar deep memiliki korelasi positif signifikan terhadap nilai Metode Numerik (r =0,696; p=0,00), begitu pula dengan pola belajar achieving (r=0,520; p=0,00). Sebaliknya pola belajar surface menunjukkan korelasi negatif (r=–0,445; p=0,01). Pola belajar deep memberikan kontribusi terbesar terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa, yaitu sebesar 48,4%. Temuan ini menyimpulkan bahwa pola belajar berperan penting dalam pencapaian akademik, dan penting bagi dosen untuk mendorong mahasiswa mengembangkan pola belajar yang lebih efektif dalam pembelajaran Metode Numerik di program studi informatika.
Referensi
Ahisya, H., Utami, D., Supriyati, & Farich, A. (2020). Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, Vol 9(1), 103–108. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.229
Arifin, Ermawati, Jaya, A. I., & Pratiwi. (2024). Convenience Sampling dengan Survei Daring pada Minat Lanjut Studi Siswa SMA/Sedejarat di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya, 12(1), 102–107.
Astika, G., & Sumakul, D. T. Y. G. (2020). Students’ Profiles Through Learning Approaches Using Biggs’ Study Process Questionnaire. ELTR Journal, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.37147/eltr.v4i1.33
Field, A. (2024). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage publications limited.
Fitri, A. D., & Shafira, N. N. A. (2020). PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR TERHADAP KELULUSAN OSCE UKMPPD MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. JMJ, 8(1), 94–101.
Herwanto, H. (2020). Penggunaan Metode Estafet Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(1), 11. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2497
Irene, A. M., Angmalisang, E. C., & Wungouw, H. I. S. (2024). Hubungan antara Pendekatan Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2020. E-Clinic, 12(3), 369–375.
Lubis, T. A. (2025). Penerapan Metode Numerik dalam Penyelesaian Persamaan Diferensial.
Neang, F. R. D., Artawan, I. M., Woda, R. R., & Rini, D. I. (2022). The correlation between learning approach and learning achievement among medical education students. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jppk.v8i1.30921
Paudel, K. R., Nepal, H. P., Shrestha, B., Panta, R., & Toth, S. (2018). Distribution and academic significance of learning approaches among pre-clinical medical students at Trinity School of Medicine, St Vincent and the Grenadines. Journal of Educational Evaluation for Health Professions, 15, 9. https://doi.org/10.3352/jeehp.2018.15.9
Pratama, W., Putra, A. E., Sanjaya, J. L. V., Kartolo, J. R., Dean, T. A., & Ningsih, R. Y. (2024). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pemahaman Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman pada Mahasiswa. JURNAL BASICEDU, 8(6), 4786–4796.
Rabbiyanti, D. K., & Malik, R. (2023). Hubungan Pendekatan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Ebers Papyrus, 29(1). https://doi.org/10.24912/ep.v29i1.24571
Rezeki, S., Tama, B. J., & Yuliyani, R. (2024). Analisis Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Inovasi Teknologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 163–166. https://doi.org/10.59562/mediatik.v7i2.2742
Sahi, L. O. M. (2019). EFISIENSI PSIKOLOGI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN BELAJAR YANG EFEKTIF. Jurnal Mitra, XVII(1), 75–79.
Sarwono, J. (2015). Analisis data penelitian menggunakan SPSS (edisi revisi). PT Elex Media Komputindo.
Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/736
Sudarman, S., Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Liveworksheet Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 7(1), 75. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2103
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Silvana Samaray

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.