PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA GUIDED INQUIRY: PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Muh. Amin Universitas Negeri Yogyakarta
  • Marsigit Marsigit Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muh. Firdaus Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.120

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Media Gambar

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar matematika siswa yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa tanpa menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada bangun ruang sisi datar, mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada bangun ruang sisi datar dan mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan paired sampel t-test dengan desain one-group pretest-posttest desain. Populasi dan sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN SATAP 5 Baraka Kab.Enrekang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian test essai sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan paired sampel t-tes. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata skor nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar (pretest) yaitu 27 dengan persentasi tingkat penguasaan materi yaitu 72,22% dari seluruh siswa yang mengikuti (pretest) sedangkan rata-rata skor nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar (posttest) yaitu 62,78 dengan persentasi tingkat penguasaan materi yaitu 94,44% dari seluruh siswa yang mengikuti posttest. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan SPSS 20.0 dan uji-t diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada Pretest 27,00 < Posttest 60,56, maka itu artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara Pretest dengan Posttest pada siswa kelas VIII SMPN SATAP 5 Baraka Kab.Enrekang.

Referensi

Ambarsari, W., Santosa, S., & Mariadi, . 2023. “Penerapan Pembelajaran Guided inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Biologi 5(1): 81–95.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28-34.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2015). Guided inquiry: Learning in the 21st century. Bloomsbury Publishing USA.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10.

Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.

Munadhi, Y. 2023. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Sadiman A.S. 2022. Media Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Simbolon, Dedi Holden. 2015. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS BELAJAR FISIKA SISWA EFFECTS OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL BASED REAL EXPERIMENTS AND VIRTUAL LABORATORY TOWARDS THE RESULTS OF STUDENTS ’ PHYSICS LEARNING.” : 299–316.

Sudarmi. 2019. Model Pembelajaran Guided inquiry Melalui Lab Riil Dan Virtuil Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Universitas Sebelas Maret, Surakarta: PPs Pendidikan Fisika.

Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Amin, M., Marsigit, M., & Firdaus, M. (2024). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA GUIDED INQUIRY: PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 86–99. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.120

Terbitan

Bagian

Artikel