ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.116Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Fokus penelitian meliputi penerapan Kurikulum Merdeka secara umum di sekolah dan implementasinya khusus pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru matematika, kepala sekolah, dan lima peserta didik kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MAN Pinrang berfokus pada pembentukan enam karakter utama peserta didik melalui integrasi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi komponen kunci dalam implementasi kurikulum ini. Dalam pembelajaran matematika, implementasi Kurikulum Merdeka melibatkan tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup tes diagnostik dan penyusunan modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran menekankan pengembangan kemampuan bernalar kritis dan kerjasama. Evaluasi dilakukan secara komprehensif, meliputi penilaian proses dan hasil belajar. Meskipun implementasi telah berjalan sesuai pedoman, masih terdapat tantangan adaptasi bagi peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MAN Pinrang telah menunjukkan pergeseran paradigma pendidikan yang lebih berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Namun, diperlukan evaluasi dan penyesuaian berkelanjutan untuk memastikan efektivitas implementasi kurikulum ini dalam jangka panjang.
Referensi
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1193-1202.
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89-95.
Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.
Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.
Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).
Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. In Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal (Vol. 6, Nomor 1, hal. 790–816). IAIN Ponorogo. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2708
Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.
Muhardi, S. and M. B. (2024). Penerimaan Mahasiswa Baru: Orientasi, Manajerial, dan Strategi. Jurnal Mirai Management, 9(1), 138–146.
Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. Modeling: Jurnal Program Stufi PGMI, 9(1), 98–114.
Ratnaningtyas, E. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Nomor Maret). CV Jejak (Jejak Publisher). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Raya, I. P., & Raya, I. P. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
S.Sari, D. A. &. (2020). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Merdeka Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah, 13(1), 95–101.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.
Wulandari, W., & Fauziati, E. (2016). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Yang Membebaskan Paulo Freire. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 1–23.
Yahya, M. S. (2019). Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School. 44.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nasrullah Nasrullah, Muh. Ismail

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.