HUBUNGAN ANTARA PROKASTINASI DENGAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v2i2.80Kata Kunci:
Kecemasan Matematis, Korelasi, ProkastinasiAbstrak
Penelitian ini membahas tentang hubungan antara prokastinasi dengan kecemasan matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian yaitu kelas VIII yang berjumlah 96 siswa. Data diambil menggunakan instrumen kecemasan matematis dan prokrastinasi siswa. Analisis data melibatkan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecemasan matematis memiliki rata-rata lebih tinggi daripada prokrastinasi, meskipun variasi dan simpangan baku keduanya relatif serupa. Analisis korelasi mengungkapkan hubungan positif yang kuat antara kecemasan matematis dan prokrastinasi dengan nilai hasil uji korelasi yaitu sebesar 0,893 yang menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kecemasan matematis, semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi yang dialami siswa.
Referensi
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-faktor penyebab kecemasan matematika.
Andrianto, N. (2009). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan kecemasan siswa dalam menghadapi UNAS 2009 di SMP Kartika IV-8 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125–132.
Aswad, M., & Sardi, A. (2023). The Discourse Analysis of Diction Effects on Teachers Used in Teaching English as a Foreign Language. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2647-2654.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2020). Analisis tingkat kecemasan matematis siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.
Ilyas, M., & Suryadi, S. (2018). Perilaku prokrastinasi akademik siswa di sma islam terpadu (it) boarding school abu bakar yogyakarta. An-Nida’, 41(1), 71–82.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83.
Kuswidyawati, D., & Setyandari, A. (2023). Tingkat Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 5(1), 33–41.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., Duha, M. M., Laia, B., Luahambowo, B., & Fai, S. (2022). Prokrastinasi akademik siswa SMA negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162–168.
Mardhatillah, N. (2023). Hubungan Math Anxiety dan Self-regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII di SMPN 2 Alalak.
Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah pertama muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 26–31.
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53–67.
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1–12.
Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.
Sardi, A. (2023). Fields And Types Of Entrepreneurship (Bidang Dan Jenis Wirausaha).
Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 1-8.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2020). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Surahmat, Z., Sardi, A., & JN, M. F. (2023). A CHAPTER REVIEW: SELECTING LANGUAGE FOR MATERIALS WRITING:(The Routledge Handbook of Materials Development for Language Teaching-Routledge). Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 15-24.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Andi Quraisy, Rita Nurfah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.