Peningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Tipe Make A Match

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.6

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Make a Match

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan metode tipe Make A Match pada siswa kelas IV SDN 141 Lembang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua kihlus, yakni siklus I dan siklus II untuk setiap siklusnya mengikuti langkah-langkah dimulai dalam perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 141 Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IVsebanyak 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan. Indikator keberhasilan adalah a) meningkatnya skor rata-rata hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II, dan b) meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal Jika 85% dari jumlah siswa memperoleh hasil belajar yang mencapai KKM IPA ditetapkan di sekolah 70,00. Kesimpulan yang diemukan peneliti meliputi: a) Skor rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat yaitu pada siklus I sebesar 70,92% menjadi 79,57% pada siklus II. b) Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat yaitu pada siklus I sebesar 60% menjadi 85% pada siklus II, jadi ketuntasan secara klasikal sudah tercapai, dan c) Aktivitas dan tanggapan siswa rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian yaitu aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 45% menjadi 52,73% pada siklus II dan menurunnya aktivitas siswa yang tidak sesuai pembelajaran dari siklus I sebesar 25% menjadi 15% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui Metode Tipe Make a Macth pada kelas IV SDN 141 Lembang Kabupaten Pinrang.

Referensi

Arikunto,S. Suharjono. dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin 1999. Evaluasi Intruksional Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Anita Sri Dkk 2014 Strategi pembeljaran di sd. Banten: Universitas terbuka.

Humaeroah, H., Sardi, A., & Ermawati, E. (2023). Teacher Perspective: Managing Students’ Behavior Problem in Teaching English at Primary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 2113-2121.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. PekanBaru: Pustaka Pelajar

Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1887-1898.

Mulyaningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Nurchalis, N. F., Ermawati, E., Sardi, A., & Nursabra, N. (2021). Language Laboratory to Overcome the Barrier of Classroom English Learning: Does it Exist and Is it Used in Islamic Schools of Majene?. Elsya: Journal of English Language Studies, 3(3), 183-194.

Ramadhan, Tarmizi. 2008. Pembelajaran Kooperatif “Make a Match”, (Online).(http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran -kooperatif-make-a-match/,diakses 5 Maret 2018).

Sapriati. Dkk. 2014 Materi pokok Pembelajaran IPA di SD.,1-9/ PDGK 4202/3 sks-cet 17;ed tanggerang: Universitas Terbuka

Sardi, A. (2022). The Building up of Students’ Vocabulary Mastery through Knowing by Heart Strategy. LETS: Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 4(1), 62-72.

Srini M. Iskandar. 2001. Pendidikan IPA. Babdung: Maulana

Sikdiknas 2009 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Sinar Grafika.

Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sudrajat 2008. Pengertian Pendekaan, Strategi, Metode, Tekhni, dan Model Pembelajaran

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sriyanti, 2011. Perbandingan Hasil Belajar Metode Index Card Match Dengan Metode Make a Match Dalam meningkatkan Ketuntasan pembelajaran matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri3 Bulukumba Kab. Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:UIN Alauddin Makassar.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Srini Ms Iskandar 2001. Pendidikan Bandung, Maulana

Tri Anni, Chatarina,dkk. 2004. Psikologi Belajar. jakarta: Dikti.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-15

Cara Mengutip

Rahmayani, S., & Zulpiah Sulaiman, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Tipe Make A Match. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 64–77. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.6

Terbitan

Bagian

Artikel