LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.305Kata Kunci:
Deskriptif Kuantitatif, Kemampuan Penalaran, Learning Management System, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan Learning Management System (LMS) terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan desain quasi-eksperimental. Penelitian ini menggunakan satu kelas yang terdiri dari tujuh mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Parepare pada Tahun Akademik 2023/2024. Pengukuran kemampuan penalaran matematis dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS). Data hasil penelitian dianalisis melalui pendekatan statistik deskriptif dan pengujian paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan penalaran mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rerata skor dari 47,14 pada pre-test menjadi 78,71 pada post-test. Hasil uji t menghasilkan nilai signifikansi p < 0,05 dengan effect size sebesar 3,36 yang mengindikasikan dampak yang besar. Temuan tersebut menunjukkan kontribusi penting Learning Management System (LMS) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Parepare. Keterbatasan penelitian ini berupa ukuran sampel yang kecil dan tidak adanya kelompok kontrol, sehingga disarankan untuk dilakukan studi lanjutan dengan desain yang lebih kuat dan jumlah partisipan yang lebih besar. Adapun Penelitian ini menawarkan kebaruan melalui fokus pada interaksi antara fitur Learning Management System (LMS) dan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, yang sejauh ini masih relatif minim dikaji dalam literatur sebelumnya.
Referensi
Al-Hunaiyyan, A., Al-Sharhan, S., & AlHajri, R. (2020). Prospects and Challenges of Learning Management Systems in Higher Education. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(12). https://doi.org/10.14569/IJACSA.2020.0111209
Amrullah, M. K. (2022). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI : ANALISIS FILOSOFIS, PEDAGOGIS, PSIKOLOGI, DAN SOSIAL. Nizham Journal of Islamic Studies, 10(02), 76. https://doi.org/10.32332/nizham.v10i02.5645
Bradley, V. M. (2022). Using Learning Management Systems to Promote Online Instruction. In Research Anthology on Remote Teaching and Learning and the Future of Online Education (pp. 700–720). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7540-9.ch035
Desai, R., Rai, N., & Karekar, J. (2023). Optimum Use of LMS for Dynamic Mathematics Classrooms in Blended Mode. Journal of Engineering Education Transformations, 36(S2), 492–499. https://doi.org/10.16920/jeet/2023/v36is2/23075
Fauziyah, F. D., & Sujarwo, I. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Geometri ditinjau dari Persepsi Siswa. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 10–22. https://doi.org/10.18860/gjppm.v1i2.2188
Furqon, M., Sinaga, P., Liliasari, L., & Riza, L. S. (2023). The Impact of Learning Management System (LMS) Usage on Students. TEM Journal, 1082–1089. https://doi.org/10.18421/TEM122-54
Hartini Ramli, Murniati, Nur Inayah Idil, Noer’ Ain, & Putri Nanda Sari. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Learning Management System Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Universitas Negeri Makassar. Indonesian Technology and Education Journal, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.61255/itej.v1i1.45
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Omanyo, J. O., & Ndiege, J. R. (2025). Knowledge management considerations in learning management systems in higher education institutions: a systematic review, synthesis and research agenda. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 55(3), 586–603. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-09-2022-0305
Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 229–248. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.229-248
Rohati, R., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2023). Exploring Students’ Mathematical Reasoning Behavior in Junior High Schools: A Grounded Theory. Education Sciences, 13(3), 252. https://doi.org/10.3390/educsci13030252
Samad, I., Ali P, M., & Assaibin, M. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43–50. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1202
Sanchez, L., Penarreta, J., & Soria Poma, X. (2024). Learning management systems for higher education: a brief comparison. Discover Education, 3(1), 58. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00143-5
Saupi, S., & Mohd Said, R. F. (2022). Integrating Interactive Multimedia Teaching and Learning Mathematics for Online Distance Learning. EDUCATUM Journal of Science, Mathematics and Technology, 9(2), 35–42. https://doi.org/10.37134/ejsmt.vol9.2.5.2022
Sri Murwantini. (2022). IMPLEMENTATION OF HIGH LEVEL THINKING SKILLS IN LEARNING. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 10(2), 49–54. https://doi.org/10.37304/balanga.v10i2.8090
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Asdar Dollo, Henra Ahmad, Abdul Rahman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.