PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN ANGKA UNTUK MENGENAL BILANGAN CACAH PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS I SLB
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.291Kata Kunci:
Bilangan Cacah, Desain dan Validasi, Media Gambar dan Angka, R&D, TunagrahitaAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji kelayakan media gambar dan angka untuk mengenalkan bilangan cacah pada anak tunagrahita kelas I di SLB Negeri 1 Demak. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) Sugiyono (2019) yang mencakup potensi–masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi, uji coba terbatas, dan uji coba pemakaian. Intervensi berlangsung delapan hari (3–10 Juni 2025) terhadap satu peserta didik tunagrahita ringan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif‑kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan menurut Miles & Huberman. Hasil menunjukkan bahwa paket media yang terdiri atas stik bergambar, gelas angka, lembar menebalkan angka, dan lembar penjodohan angka‑gambar layak dan efektif meningkatkan kemampuan mengenal bilangan cacah 1–10, fokus, partisipasi aktif, dan ketekunan belajar peserta. Kekuatan penelitian terletak pada penggunaan media konkret visual‑kinestetik yang sesuai karakteristik anak tunagrahita, sementara keterbatasannya adalah ukuran sampel tunggal dan durasi intervensi singkat sehingga generalisasi temuan memerlukan penelitian lanjutan dengan sampel dan waktu yang lebih luas.
Referensi
Ferawati, F., Saputri, F. H., Stianingsih, L., Putri, E. U., Sofia, D., & Hanafri, M. I. (2024). Augmented Reality Game Based Learning: Enhancing Basic Mathematics Abilities for Students with Special Needs. Jurnal Pendidikan MIPA, 25(3), 1378–1396. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpm/article/view/41642
Firdaus, Z., Aminah, S., & Ruby, A. C. (2025). Analisis Penggunaan Flash Card dalam Mengenalkan Anggota Tubuh Manusia Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(1. B), 282-289.
Handayani, I., & Hidayat, T. (2020). Model Make A Match dalam Pembelajaran untuk Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 8(2), 115–122. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/35642
Hayati, N., Shofia, I. M., Ruby, A. C., & Putri, A. (2023). Penggunaan media Kadara untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 10 (2), 87–94.
Hayati, T. N., Ilma, N., Haliza, S. N., Anggraeni, D. P., & Ruby, A. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kadara Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan Pada Anak Tunagrahita. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(2), 185-194. https://jurnal.fkip.unm.ac.id/index.php/jmli/article/view/3259
Manjilah, E. L., Shofa, I. M., & Ruby, A. C. (2024). Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Menghitung Angka di SLB Negeri Purwosari Kudus. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 950–958. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/381
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Nurazizah. (2022). Pengaruh Media Edukatif Gambar terhadap Pengenalan Angka Anak Tunagrahita. Jurnal Inklusi Pendidikan Khusus, 10(1), 45–53. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/7562
Purwasih, S. (2024). Effectiveness of Using Math Kids Game Media to Improve Addition Ability in Intellectual Disability Students at SLB Negeri 2 Yogyakarta. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 5(2), 219–222. https://journal2.um.ac.id/index.php/special/article/view/45652
Rahmawati, N. (2023). Permainan Angka sebagai Media Meningkatkan Minat Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Luar Biasa dan Inklusi, 6(1), 34–41. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpkm/article/view/31284
Ruby, A. C., et al. (2024). Efektivitas media visual dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar pada anak tunagrahita. Jurnal Inklusi Pendidikan Khusus, 11(1), 25–34.
Stančin, K., Hoić-Božić, N., & Skočić-Mihić, S. (2020). Using digital game-based learning for students with intellectual disabilities – A systematic literature review. Education and Information Technologies, 25(5), 4001–4035. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10123-4
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus melalui Media Edukatif. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(1), 77–83. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/35673
Wati, N. K., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Konsentrasi Belajar Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 55–62. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/40567
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moechammad Aulia Akbar, Izka Aziiz, Arcivid Chorynia Ruby Arcivid Chorynia Ruby

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.