PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TITASKAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.289Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Media Titaskat, Pendidikan PancasilaAbstrak
Pengembangan ini dilatarbelakangi dengan hasil temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi Pendidikan Pancasila, khususnya pada topik identitas masyarakat Hal itu terjadi karena kurangnya pemanfaatan dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis digital. Riset pengembangan ini tentunya bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Titaskat yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV pada pembelajaran pendidikan pancasila. Media yang dikembangkan berbentuk aplikasi berbasis android. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket validasi ahli media dan materi, pretest-posttest untuk mengukur pemahaman peserta didik, serta diberikannya angket respon guru dan peserta didik. Hasil validasi dari keseluruhan mendapatkan nilai persentase sebesar 94% yang dikategorikan “Sangat valid, dapat digunakan tanpa perbaikan”. Uji efektivitas media menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji N-Gain yang memperoleh nilai signifikansi 0,5824. Temuan ini membuktikan adanya perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest serta adanya peningkatan pemahaman peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran Titaskat dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Titaskat cukup efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Referensi
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Aritonang, V. O., Aulia, A., Dewi, S., Hutabarat, S., & Nisha, F. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman PKN SD. 6623–6627.
Dani, S. U., Karyadi, B., Setiawan, I., & Yani, A. P. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN SMART APPS CREATOR ( SAC ) PADA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM GERAK. 4, 75–80.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Eko, S. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android Dengan Metode Rad. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 5(01), 30–39.
Fadillah, N., Utomo, B., & Astuti, T. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GARUKA BERBASIS SMART APPS CREATOR MAPEL IPAS KELAS V SDN SADENG 2 KOTA SEMARANG. April, 161–173.
Fanani, R. R., Patoni, A., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 10(1), 111–130.
Fenny Alvionita, O. :, & Nugroho, A. S. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Materi Keberagaman Rumah Adat di Indonesia Pada Pembelajaran IPS Kelas IV UPT SD Negeri 104 Gresik. https://doi.org/10.53515/qodiri
Fitriyani, Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi PANILA Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Nilai Pancasila Siswa Kelas V. 6(1), 150–163. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4731
Hussein, S., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smart Application Creator. Prisma, 11(2), 595. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2621
Indah, M., Siregar, S., Perangin-angin, L. M., Siregar, A., Gandamana, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Negeri, U., Program, D., Pendidikan, S., Sekolah, G., & Negeri, U. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Kelas V Tema 8 Subtema 2 SDN 101765 Bandar Setia T . A. 8, 8891–8900.
Kurniawan, B., & Muhibbin, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Smart Apps Creator (SAC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas VI SD. 09.
Kusumastuti, D. U., Hidayat, R., & Destiana, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Smart Apps Creator Version 3 Pada Materi Aku Gemar Menabung. 4, 6810–6820.
Marini, A., Azzahra, A., Utami, D. P., & Nabila, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Ludo Nusantara Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. 3(1), 75–98.
Maulida, P. E., & Zulherman. (2024). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM. 10(2), 900–909.
Netriwati, Nursalim, R., & Putra, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE DI SMA ISLAM. 2(2), 61–66.
Prameswari, C., Pinkan Amita T.P, S.Pd., M. P., & Naniek Kusumawati, S.Pd., M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Menambah Pemahaman Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas V SDN Glonggong 04 Kabupaten Madiun. Jurnal Perseda, VI(3), 162–171.
Rahayuningtiyas, W., Fahmi Imron, I., & Mujiwati, E. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nisila Nilai Pancasila untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 108–121. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.2018
Rahman, M., Ardiansyah, A., Dewi, M., & Nikmatullah, F. (2022). ANALISIS RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK ONLINE PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA BATU. 8, 17–31.
Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Slamet, F. (2022). Model Penelitian Pengembangan. Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Sukarelawa, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Wali, A. Z., & Omaid, M. E. (2020). The use of smartphones as an educational tool in the classroom: Lecturers’ perceptions. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(16), 238–247. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i16.14179
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Desti Selviani, Aah Ahmad Syahid, Kusman Rukmana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.