PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI UPTD SMA NEGERI 1 TINAMBUNG

Penulis

  • Muhlis Muhlis Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.284

Kata Kunci:

Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Kinerja Guru, Motivasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja guru di UPTD SMA Negeri 1 Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto dan teknik survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh populasi yang terdiri dari 63 orang guru, dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian divalidasi menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas internal melalui perhitungan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 25, dengan tahapan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), serta analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan antar variabel. Hasil uji menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas  kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, baik secara individual maupun bersama-sama. Secara simultan, ketiga variabel tersebut menjelaskan 55,1% variasi dalam kinerja guru (R² = 0,551). Motivasi guru teridentifikasi sebagai faktor yang paling dominan dalam memengaruhi kinerja. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang transformatif, budaya organisasi yang mendukung, serta strategi penguatan motivasi guru untuk mendorong peningkatan profesionalisme dan mutu pembelajaran di tingkat sekolah menengah.

Referensi

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Rineka Cipta.

Azmiati. (2022). Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan.

Bangun, W. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Erlangga.

Bawono, A. (2015). Statistik pendidikan: Teori dan aplikasi dalam penelitian. Kencana.

Iba, Z., Saifuddin, S., Marwan, M., & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970

Martono, N. (2011). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan studi kasus. PT Raja Grafindo Persada.

Nugraheni, I., & Rahmayanti, D. (2016). Budaya organisasi dan kinerja guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 273–283

Penawan, A. (2021). Pengaruh disiplin kerja, kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru tidak tetap. Buana Ilmu, 201–211.

Samsu. (2017). Metode penelitian: Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mixed methods. Kencana.

Saragih, I. S., & Suhendro, D. (2020). Pengaruh iklim organisasi sekolah, budaya kerja guru, dan kepuasan kerja terhadap komitmen kerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.29654

Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (4th ed.). Jossey-Bass.

Soetjipto, E. (2012). Kepemimpinan kepala sekolah: Konsep dan implementasi. Andi.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistik untuk penelitian. Alfabeta.

Sudrajat, T. (2006). Hukum birokrasi pemerintah: Kewenangan dan jabatan. Sinar Grafika.

Widagdo, D. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan penghargaan ekstrinsik langsung terhadap profesionalisme guru SMP swasta. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 311–325. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.10063

Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741

Yuka, M. O., Martin, M., & Suryadi, S. (2020). Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi intrinsik terhadap kreativitas guru sekolah alam di Bekasi. Visipena, 11(2), 461–473. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1303

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

Muhlis, M. (2025). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI UPTD SMA NEGERI 1 TINAMBUNG. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 383–390. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.284

Terbitan

Bagian

Artikel